PERANCANGAN SCIENCE CENTER DENGAN KONSEP ECO-TECHNOLOGY SEBAGAI WISATA PENDIDIKAN DI KOTA PADANG
ctrlnum |
2103 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repo.bunghatta.ac.id/2103/</relation><title>PERANCANGAN SCIENCE CENTER DENGAN KONSEP ECO-TECHNOLOGY
SEBAGAI WISATA PENDIDIKAN DI KOTA PADANG</title><creator>Yama, Yandi Septiano</creator><creator>Nengah, Tela</creator><creator>DESY, ARYANTI</creator><subject>NA Architecture</subject><description>Organisasi untuk Kerja Sama Ekonomi dan Pembangunan mencatat, peringkat Programme for International Student
Assessment (PISA) Indonesia berdasarkan survei tahun 2018 berada dalam urutan bawah. Untuk nilai membaca,
Indonesia di peringkat 72 dari 77 negara. Nilai Matematika, di peringkat 72 dari 78 negara. dan nilai Sains di peringkat
70 dari 78 negara. Nilai tersebut cenderung stagnan dalam 10-15 tahun terakhir. Kota Padang dalam hal menangani
permasalahan untuk sarana dan prasarana dalam pendidikan terutama dalam bidang sains sudah menyediakannya, baik
untuk dalam sekolah maupun luar sekolah seperti penyediaan fasilitas peralatan dan pengetahuan yang disajikan dalam
bentuk wisata, museum, galeri, dan taman edukasi. Tetapi semua masih terbilang sebagai syarat untuk memenuhi jika
pemerintah kota sudah menyediakan dalam mendukung minat masyarakat dalam sains. Menanggapi itu perlu adanya
rencana lebih lanjut dengan menghadirkan konsep perancangan science center sebagai wisata pendidikan di Kota
Padang, yang terdiri atas wahana yang bertujuan untuk meningkatkan minat masyarakat dalam bidang sains. Science
center menghadirkan konsep yang berbeda dari apa yang sudah ada, baik dari sekolah maupun tempat wisata yang
lain seperti menghadirkan konsep mempelajari ilmu pengetahuan yang didukung oleh sarana dan prasarana dan
disajikan secara hiburan, sehingga metode pembelajarannya tidak terlihat kaku. Rancangan science center
menggunakan konsep eco-technology dengan menerapkan gaya futuristic yang terkesan modern kedalam rancangan
kawasan sehingga menjadi pelopor untuk hidup berdampingan dengan teknologi.
Kata kunci : wisata pendidikan, science center, eco-technology</description><date>2020-12</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/2103/1/29%20Yama%20Yandi%20Septiano%20%281610015111045%29%20ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/2103/2/29%20Yama%20Yandi%20Septiano%20%281610015111045%29%20COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/2103/3/29%20Yama%20Yandi%20Septiano%20%281610015111045%29%20BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/2103/4/29%20Yama%20Yandi%20Septiano%20%281610015111045%29%20BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/2103/5/29%20Yama%20Yandi%20Septiano%20%281610015111045%29%20BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/2103/6/29%20Yama%20Yandi%20Septiano%20%281610015111045%29%20BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/2103/7/29%20Yama%20Yandi%20Septiano%20%281610015111045%29%20BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/2103/8/29%20Yama%20Yandi%20Septiano%20%281610015111045%29%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Yama, Yandi Septiano and Nengah, Tela and DESY, ARYANTI (2020) PERANCANGAN SCIENCE CENTER DENGAN KONSEP ECO-TECHNOLOGY SEBAGAI WISATA PENDIDIKAN DI KOTA PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA. </identifier><recordID>2103</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Yama, Yandi Septiano Nengah, Tela DESY, ARYANTI |
title |
PERANCANGAN SCIENCE CENTER DENGAN KONSEP ECO-TECHNOLOGY
SEBAGAI WISATA PENDIDIKAN DI KOTA PADANG |
publishDate |
2020 |
isbn |
2816100151110 |
topic |
NA Architecture |
url |
http://repo.bunghatta.ac.id/2103/1/29%20Yama%20Yandi%20Septiano%20%281610015111045%29%20ABSTRAK.pdf http://repo.bunghatta.ac.id/2103/2/29%20Yama%20Yandi%20Septiano%20%281610015111045%29%20COVER.pdf http://repo.bunghatta.ac.id/2103/3/29%20Yama%20Yandi%20Septiano%20%281610015111045%29%20BAB%20I.pdf http://repo.bunghatta.ac.id/2103/4/29%20Yama%20Yandi%20Septiano%20%281610015111045%29%20BAB%20II.pdf http://repo.bunghatta.ac.id/2103/5/29%20Yama%20Yandi%20Septiano%20%281610015111045%29%20BAB%20III.pdf http://repo.bunghatta.ac.id/2103/6/29%20Yama%20Yandi%20Septiano%20%281610015111045%29%20BAB%20IV.pdf http://repo.bunghatta.ac.id/2103/7/29%20Yama%20Yandi%20Septiano%20%281610015111045%29%20BAB%20V.pdf http://repo.bunghatta.ac.id/2103/8/29%20Yama%20Yandi%20Septiano%20%281610015111045%29%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.bunghatta.ac.id/2103/ |
contents |
Organisasi untuk Kerja Sama Ekonomi dan Pembangunan mencatat, peringkat Programme for International Student
Assessment (PISA) Indonesia berdasarkan survei tahun 2018 berada dalam urutan bawah. Untuk nilai membaca,
Indonesia di peringkat 72 dari 77 negara. Nilai Matematika, di peringkat 72 dari 78 negara. dan nilai Sains di peringkat
70 dari 78 negara. Nilai tersebut cenderung stagnan dalam 10-15 tahun terakhir. Kota Padang dalam hal menangani
permasalahan untuk sarana dan prasarana dalam pendidikan terutama dalam bidang sains sudah menyediakannya, baik
untuk dalam sekolah maupun luar sekolah seperti penyediaan fasilitas peralatan dan pengetahuan yang disajikan dalam
bentuk wisata, museum, galeri, dan taman edukasi. Tetapi semua masih terbilang sebagai syarat untuk memenuhi jika
pemerintah kota sudah menyediakan dalam mendukung minat masyarakat dalam sains. Menanggapi itu perlu adanya
rencana lebih lanjut dengan menghadirkan konsep perancangan science center sebagai wisata pendidikan di Kota
Padang, yang terdiri atas wahana yang bertujuan untuk meningkatkan minat masyarakat dalam bidang sains. Science
center menghadirkan konsep yang berbeda dari apa yang sudah ada, baik dari sekolah maupun tempat wisata yang
lain seperti menghadirkan konsep mempelajari ilmu pengetahuan yang didukung oleh sarana dan prasarana dan
disajikan secara hiburan, sehingga metode pembelajarannya tidak terlihat kaku. Rancangan science center
menggunakan konsep eco-technology dengan menerapkan gaya futuristic yang terkesan modern kedalam rancangan
kawasan sehingga menjadi pelopor untuk hidup berdampingan dengan teknologi.
Kata kunci : wisata pendidikan, science center, eco-technology |
id |
IOS14200.2103 |
institution |
universitas bung hatta |
affiliation |
onesearch.perpusnas.go.id |
institution_id |
2476 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Bung Hatta |
library_id |
3754 |
collection |
Repository Universitas Bung Hatta |
repository_id |
14200 |
city |
KOTA PADANG |
province |
SUMATERA BARAT |
repoId |
IOS14200 |
first_indexed |
2020-12-23T12:22:02Z |
last_indexed |
2020-12-23T12:22:02Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686871800391139328 |
score |
17.538404 |