Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis IT dengan menggunakan aplikasi macromedia flash 8 dengan pendekatan contextual teaching and learning pada kelas V SD Negeri 55 Aia Pacah yang memenuhi kriteria valid dan praktis, jenis penelitian pengembangan adalah model pengembangan 4-D yaitu : define, design, develop dan disseminate. Pada penelitian ini hanya sampai pada tahan develop (pengembangan) dikerenakan keterbatasan waktu. Penelitian ini dilakukan pada semester genap 2019/2020 dengan materi bangun ruang. Instumen penelitian meliputi lembar validitas dan praktikalitas (angket respon guru dan siswa). Pada proses validasi, media di validasi oleh 1 orang ahli materi dan 1 orang ahli media. Pada proses praktikalitas, media diujicobakan oleh 1 orang guru dan 2 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis macromedia flash dengan pendekatan contextual teaching and learning dihasilkan media yang sangat valid dengan persentase penilaian sebesar 96,3% dan memenuhi kriteria sangat praktis dengan persentase penilaian sebesar 94,1%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis macromedia flash 8 pada materi bangun ruang sangat valid dan sangat praktis sebagai salah satu media pembelajaran. Kata kunci : Pengembangan, Media Pembelajaran, Macromedia Flash 8, Contextual Teaching and Learning