PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPS MENGGUNAKAN PENDEKATAN MIND MAPPING UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran IPS menggunakan pendekatan mind mapping pada siswakelas IV SD yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Model penelitian pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 4-D yang terdiri dari tahap define (pendefinisian), design (perancangan),develop (pengembangan) dandisseminate(penyebaran). Dalam penelitian ini sampai develop (pengembangan) karna keterbatasan waktu dan kemampuan. Instrumen penelitian meliputi lembar validasi dan lembar praktikalitas (angket respon guru dan siswa). Pada proses validasi, modul divalidasi oleh 3 orang dosen ahli sesuai dengan kepakaran masing-masing. Pada prosespraktikalitas modul pembelajaran IPS menggunakan pendekatan mind mapping diujicobakan oleh 1 orang guru dan 5 orang siswa yang diuji cobakan di Kabupaten Solok Selatan, Kecematan Pauh Duo. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa modul pembelajaran IPS menggunakan pendekatanmind mapping untuk siswa kelas IV SD yang dikembangkan memenuhi kriteria sangat valid dengan persentase penilaian sebesar 3.77dari segi kelayakan isi, bahasa dan desain. Modul yang dikembangkan juga sangat praktishasil praktikalitas oleh guru dengan persentase 95.25%, hasil praktikalitas oleh siswa dengan persentase 88.33%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran IPS menggunakan pendekatan mind mapping pada tema 6 (Cita-citaku) subtema2 (Hebatnya Citacitaku) kelas IV SD sangat valid dan sangat praktis sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran di kelas IV SD. Kata Kunci : Pengembangan Modul, IPS, Mind Mapping.