ctrlnum 2085
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repo.bunghatta.ac.id/2085/</relation><title>PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPS TEMA 5 PAHLAWANKU BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK SISWA KELAS IV SD</title><creator>Nurvita, Sari</creator><creator>Pebriyenni, Pebriyenni</creator><creator>Ade, Sri Madona</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran IPS berbasis&#xD; contextual teaching and learning untuk kelas IV SD yang valid dan praktis. Jenis&#xD; penelitian ini adalah Research and Development (penelitian pengembangan).&#xD; Modul pembelajaran IPS berbasis contextual teaching and learning ini&#xD; dikembangkan dengan menggunakan model 4-D (Define, Design, develop, dan&#xD; Disseminate), yang dibatasi sampai tahap develop. Penelitian ini dilakukan pada&#xD; semester genap tahun ajaran 2019/2020. Rancangan modul yang telah dibuat&#xD; divalidasi oleh tiga dosen ahli kemudian diujicobakan untuk mengetahui &#xD; praktikalitas modul yang dikembangkan. Hal ini menunjukkan bahwa modul ini&#xD; berada pada kategori valid oleh tiga dosen ahli, yaitu dengan nilai validitas 88%&#xD; oleh dosen ahli materi, 95% oleh dosen ahli bahasa, dan 88% oleh dosen ahli&#xD; desain, sehingga rata-rata keseluruhan nilai validitas dari tiga orang dosen ahli&#xD; yaitu 90% pada kategori sangat valid. Modul yang telah dikembangkan&#xD; dikategorikan praktis oleh pendidik dan sangat praktis oleh peserta didik dengan&#xD; rata-rata persentase kepraktisan 81% dan 90%. Hal ini menujukkan bahwa modul&#xD; berbasis contextual teaching and learning yang dihasilkan sudah valid dan praktis&#xD; sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran di kelas IV SD. Dengan adanya&#xD; modul ini diharapkan peserta didik dapat belajar mandiri dalam proses&#xD; pembelajaran.&#xD; &#xD; Kata Kunci : Modul IPS, Contextual Teaching and Learning(CTL), Valid, Praktis</description><date>2020-12</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/2085/1/6.%20NURVITA%201610013411027cover.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/2085/2/6.%20NURVITA%201610013411027%20abstrak.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/2085/3/6.%20NURVITA%201610013411027%20BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/2085/4/6.%20NURVITA%201610013411027%20BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/2085/5/6.%20NURVITA%201610013411027%20BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/2085/6/6.%20NURVITA%201610013411027%20BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/2085/7/6.%20NURVITA%201610013411027%20BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/2085/8/6.%20NURVITA%201610013411027%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Nurvita, Sari and Pebriyenni, Pebriyenni and Ade, Sri Madona (2020) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPS TEMA 5 PAHLAWANKU BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK SISWA KELAS IV SD. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta. </identifier><recordID>2085</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Nurvita, Sari
Pebriyenni, Pebriyenni
Ade, Sri Madona
title PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPS TEMA 5 PAHLAWANKU BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK SISWA KELAS IV SD
publishDate 2020
isbn 2016100134110
topic L Education (General)
url http://repo.bunghatta.ac.id/2085/1/6.%20NURVITA%201610013411027cover.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/2085/2/6.%20NURVITA%201610013411027%20abstrak.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/2085/3/6.%20NURVITA%201610013411027%20BAB%20I.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/2085/4/6.%20NURVITA%201610013411027%20BAB%20II.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/2085/5/6.%20NURVITA%201610013411027%20BAB%20III.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/2085/6/6.%20NURVITA%201610013411027%20BAB%20IV.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/2085/7/6.%20NURVITA%201610013411027%20BAB%20V.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/2085/8/6.%20NURVITA%201610013411027%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/2085/
contents Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran IPS berbasis contextual teaching and learning untuk kelas IV SD yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (penelitian pengembangan). Modul pembelajaran IPS berbasis contextual teaching and learning ini dikembangkan dengan menggunakan model 4-D (Define, Design, develop, dan Disseminate), yang dibatasi sampai tahap develop. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Rancangan modul yang telah dibuat divalidasi oleh tiga dosen ahli kemudian diujicobakan untuk mengetahui praktikalitas modul yang dikembangkan. Hal ini menunjukkan bahwa modul ini berada pada kategori valid oleh tiga dosen ahli, yaitu dengan nilai validitas 88% oleh dosen ahli materi, 95% oleh dosen ahli bahasa, dan 88% oleh dosen ahli desain, sehingga rata-rata keseluruhan nilai validitas dari tiga orang dosen ahli yaitu 90% pada kategori sangat valid. Modul yang telah dikembangkan dikategorikan praktis oleh pendidik dan sangat praktis oleh peserta didik dengan rata-rata persentase kepraktisan 81% dan 90%. Hal ini menujukkan bahwa modul berbasis contextual teaching and learning yang dihasilkan sudah valid dan praktis sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran di kelas IV SD. Dengan adanya modul ini diharapkan peserta didik dapat belajar mandiri dalam proses pembelajaran. Kata Kunci : Modul IPS, Contextual Teaching and Learning(CTL), Valid, Praktis
id IOS14200.2085
institution universitas bung hatta
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
institution_id 2476
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Bung Hatta
library_id 3754
collection Repository Universitas Bung Hatta
repository_id 14200
city KOTA PADANG
province SUMATERA BARAT
repoId IOS14200
first_indexed 2020-12-23T12:22:02Z
last_indexed 2020-12-23T12:22:02Z
recordtype dc
_version_ 1686871800265310208
score 17.538404