PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPS TEMA 5 PAHLAWANKU BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK SISWA KELAS IV SD
ctrlnum |
2085 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repo.bunghatta.ac.id/2085/</relation><title>PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPS TEMA 5 PAHLAWANKU BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK SISWA KELAS IV SD</title><creator>Nurvita, Sari</creator><creator>Pebriyenni, Pebriyenni</creator><creator>Ade, Sri Madona</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran IPS berbasis
contextual teaching and learning untuk kelas IV SD yang valid dan praktis. Jenis
penelitian ini adalah Research and Development (penelitian pengembangan).
Modul pembelajaran IPS berbasis contextual teaching and learning ini
dikembangkan dengan menggunakan model 4-D (Define, Design, develop, dan
Disseminate), yang dibatasi sampai tahap develop. Penelitian ini dilakukan pada
semester genap tahun ajaran 2019/2020. Rancangan modul yang telah dibuat
divalidasi oleh tiga dosen ahli kemudian diujicobakan untuk mengetahui 
praktikalitas modul yang dikembangkan. Hal ini menunjukkan bahwa modul ini
berada pada kategori valid oleh tiga dosen ahli, yaitu dengan nilai validitas 88%
oleh dosen ahli materi, 95% oleh dosen ahli bahasa, dan 88% oleh dosen ahli
desain, sehingga rata-rata keseluruhan nilai validitas dari tiga orang dosen ahli
yaitu 90% pada kategori sangat valid. Modul yang telah dikembangkan
dikategorikan praktis oleh pendidik dan sangat praktis oleh peserta didik dengan
rata-rata persentase kepraktisan 81% dan 90%. Hal ini menujukkan bahwa modul
berbasis contextual teaching and learning yang dihasilkan sudah valid dan praktis
sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran di kelas IV SD. Dengan adanya
modul ini diharapkan peserta didik dapat belajar mandiri dalam proses
pembelajaran.

Kata Kunci : Modul IPS, Contextual Teaching and Learning(CTL), Valid, Praktis</description><date>2020-12</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/2085/1/6.%20NURVITA%201610013411027cover.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/2085/2/6.%20NURVITA%201610013411027%20abstrak.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/2085/3/6.%20NURVITA%201610013411027%20BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/2085/4/6.%20NURVITA%201610013411027%20BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/2085/5/6.%20NURVITA%201610013411027%20BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/2085/6/6.%20NURVITA%201610013411027%20BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/2085/7/6.%20NURVITA%201610013411027%20BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/2085/8/6.%20NURVITA%201610013411027%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Nurvita, Sari and Pebriyenni, Pebriyenni and Ade, Sri Madona (2020) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPS TEMA 5 PAHLAWANKU BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK SISWA KELAS IV SD. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta. </identifier><recordID>2085</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Nurvita, Sari Pebriyenni, Pebriyenni Ade, Sri Madona |
title |
PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPS TEMA 5 PAHLAWANKU BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK SISWA KELAS IV SD |
publishDate |
2020 |
isbn |
2016100134110 |
topic |
L Education (General) |
url |
http://repo.bunghatta.ac.id/2085/1/6.%20NURVITA%201610013411027cover.pdf http://repo.bunghatta.ac.id/2085/2/6.%20NURVITA%201610013411027%20abstrak.pdf http://repo.bunghatta.ac.id/2085/3/6.%20NURVITA%201610013411027%20BAB%20I.pdf http://repo.bunghatta.ac.id/2085/4/6.%20NURVITA%201610013411027%20BAB%20II.pdf http://repo.bunghatta.ac.id/2085/5/6.%20NURVITA%201610013411027%20BAB%20III.pdf http://repo.bunghatta.ac.id/2085/6/6.%20NURVITA%201610013411027%20BAB%20IV.pdf http://repo.bunghatta.ac.id/2085/7/6.%20NURVITA%201610013411027%20BAB%20V.pdf http://repo.bunghatta.ac.id/2085/8/6.%20NURVITA%201610013411027%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.bunghatta.ac.id/2085/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran IPS berbasis
contextual teaching and learning untuk kelas IV SD yang valid dan praktis. Jenis
penelitian ini adalah Research and Development (penelitian pengembangan).
Modul pembelajaran IPS berbasis contextual teaching and learning ini
dikembangkan dengan menggunakan model 4-D (Define, Design, develop, dan
Disseminate), yang dibatasi sampai tahap develop. Penelitian ini dilakukan pada
semester genap tahun ajaran 2019/2020. Rancangan modul yang telah dibuat
divalidasi oleh tiga dosen ahli kemudian diujicobakan untuk mengetahui
praktikalitas modul yang dikembangkan. Hal ini menunjukkan bahwa modul ini
berada pada kategori valid oleh tiga dosen ahli, yaitu dengan nilai validitas 88%
oleh dosen ahli materi, 95% oleh dosen ahli bahasa, dan 88% oleh dosen ahli
desain, sehingga rata-rata keseluruhan nilai validitas dari tiga orang dosen ahli
yaitu 90% pada kategori sangat valid. Modul yang telah dikembangkan
dikategorikan praktis oleh pendidik dan sangat praktis oleh peserta didik dengan
rata-rata persentase kepraktisan 81% dan 90%. Hal ini menujukkan bahwa modul
berbasis contextual teaching and learning yang dihasilkan sudah valid dan praktis
sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran di kelas IV SD. Dengan adanya
modul ini diharapkan peserta didik dapat belajar mandiri dalam proses
pembelajaran.
Kata Kunci : Modul IPS, Contextual Teaching and Learning(CTL), Valid, Praktis |
id |
IOS14200.2085 |
institution |
universitas bung hatta |
affiliation |
onesearch.perpusnas.go.id |
institution_id |
2476 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Bung Hatta |
library_id |
3754 |
collection |
Repository Universitas Bung Hatta |
repository_id |
14200 |
city |
KOTA PADANG |
province |
SUMATERA BARAT |
repoId |
IOS14200 |
first_indexed |
2020-12-23T12:22:02Z |
last_indexed |
2020-12-23T12:22:02Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686871800265310208 |
score |
17.538404 |