Daftar Isi:
  • Ruas jalan Simpang Duku-Lubuk Alung merupakan jalan Nasional yang mempunyai volume lalu lintas yang ramai dan juga dilalui kendaraan bermuatan tinggi. Dengan volume lalu lintas seperti itu dapat mengakibatkan menurunya kemampuan jalan menerima beban di atasnya dan mengalami kerusakan, sehingga dapat mengganggu keselamatan dan kenyamanan bagi pengguna jalan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tingkat kerusakan jalan, penanganan perbaikan, rencana anggaran biaya perbaikan tersebut. Metode yang digunakan pada penelitian ini Metode Bina Marga dan IRI (International Roughness Index). Pada ruas jalan Simpang Duku-Lubuk Alung STA 20+000 sampai 25+000 didapat jenis-jenis kerusakan seperti retak buaya, retak melintang, retak memanjang, amblas, keriting, tambalan dan lubang. Pada Metode Bina Marga didapat nilai urutan prioritas 5 yang masuk dalam program pemeliharaan berkala, sedangkan Metode IRI didapat nilai kerusakan jalan 4,32 yang masuk kategori sedang. Penanganan perbaikan dengan cara overlay dengan tebal 40 mm. Total biaya perbaikan dengan cara overlay ruas jalan Simpang Duku-Lubuk Alung STA 20+000 sampai 25+000 yaitu Rp. 5.263.086.610,00. Kata kunci: Kerusakan jalan, Bina Marga, International Roughness Index (IRI), Overlay,