Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran Matematika berbasis pendekatan saintifik pada kelas IV SD Negeri 38 Kuranji yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model penelitian pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 4-D yaitu define, design, develop, dan disseminate. Penelitian ini dilakukan semester genap tahun ajaran 2019/2020. Intrumen penelitian meliputi lembar validasi, lembar praktikalitas (angket respon guru dan siswa) dan lembar efektifitas (soal pre test dan soal post test). Pada proses validasi, modul divalidasi oleh 1 orang ahli materi, 1 orang ahli desain dan 1 orang ahli bahasa. Pada proses praktikalitas, modul diujicobakan oleh 1 orang guru dan 23 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian, pengembanganmodul pembelajaran Matematika berbasis pendekatan saintifik pada kelas IV SD dihasilkan modul yang memenuhi kriteri sangat valid dengan persentase penilaian sebesar 90,29%, memenuhi kriteria praktis dengan persentase 85,66% dan memenuhi kriteria efektifitas tinggi dengan persentase 0,71. Jadi, dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran Matematika berbasis pendekatan saintifik pada kelas IV SD sudah valid, praktis dan efektif digunakan sebagai salah satu sumber dalam pembelajaran Matematika di kelas IV SD (Sekolah Dasar). Kata kunci : Modul, Pembelajaran Matematika, Saintifik