PENGEMBANGAN MODUL IPA DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK SISWA KELAS V SD NEGERI 129/III KOTO TENGAH, KECAMATAN KAYU ARO,KABUPATEN KERINCI
Daftar Isi:
- Penelitian bertujuan untuk mengembangkan modul Pengembangan Modul IPA Dengan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) untuk Siswa Kelas V SD Negeri 129/III Koto Tengah, Kecamatan Kayu Aro, Kabupaten Kerinci Jenis penelitian adalah pengembangan (Research and Development) dengan model procedural yang menggunakan 3-D, yang terdiri dari tahap define (pendefenisian), tahap design (perancangan), dan development (Pengembangan). Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Validator angket terdiri dari 3 orang dosen. Sedangkan uji praktikalitas terdiri dari 1 orang guru dan 22 orang siswa kelas V SD Negeri 129/III Koto Tengah, Kecamatan Kayu Aro, Kabupaten Kerinci. Data penelitian dihasilkan produk berupa Pengembangan Modul IPA Dengan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Untuk Siswa Kelas V SD. Modul yang dihasilkan dikategorikan valid oleh validator dengan nilai rata-rata 88,81% baik dari aspek kelayakan isi, bahasa, penyajian maupun kegrafikan. Modul yang dihasilkan dikategorikan sangat praktis oleh guru dengan nilai rata-rata 90% dan dikategorikan sangat praktis oleh siswa dengan nilai rata-rata 98,61%. Dapat disimpulkan bahwa Pengembangan Modul IPA Dengan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Untuk Siswa Kelas V SD Negeri 129/III Koto Tengah, Kecamatan Kayu Aro, Kabupaten Kerinci yang dihasilkan sudah valid dan sangat praktis sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran di kelas V SD. Saran: Supaya Modul Ipa Dengan Pendekatan Contekstual Teaching And Learning (CTL) Dapat Digunakan Oleh Guru Kelas V SDN 129/III koto Tengah Saat Proses Belajar Mengajar Berlangsung. Kata Kunci: Modul, Contekstual Teaching And Learning (CTL),Ilmu Pengetahuan Alam.