Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di kelas VII MTsN 11 Pesisir Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen jenis Pretest-posttest control group design, yang menyatakan bahwa dalam design ini terdapat dua kelompok yang dipilih secara random, kemudian diberi pretest untuk mengetahui keadaan awal adakah perbedaan antara kelompok eksperimen dan kelompok control.Populasi dalam penelitian ini 119 orang siswa MTsN 11 Pesisir Selatan. Teknik Pengumpulan data melalui lembaran uji tes, dan panduan dokumentasi. Hasil pnelitian menunjukkan bahwa (1) Hasl belajar siswa kelas VII masih ada yang belum tuntas. (2). Hasil belajar PPKn siswa pada kelas eksperimen menunjukkan nilai rata-rata yang lebih tinggi yaitu sebesar 73,2. 3) Hasil belajar kelas kontrol menunjukkan nilai rata-rata yaitu 60,27.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hasil belajar PPKn siswa kelas VII di MTsN 11Pesisir Selatan, dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran terlaksana dengan sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di MTsN 11 Pesisir Selatan sudah terlaksana dengan sangat baik. Kata Kunci: Problem Based Learning, Hasil belajar, Pedidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.