ctrlnum 197
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repo.bunghatta.ac.id/197/</relation><title>PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA PADA MATERI SUHU DAN KALOR BERBASIS PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME UNTUK KELAS V SD NEGERI 08 SURAU GADANG</title><creator>Disya, Octa Sindra</creator><creator>Wince, Hendri</creator><creator>Zulfa, Amrina</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran IPA pada materi suhu dan kalor berbasis pendekatan konstruktivisme untuk kelas V SD Negeri 08 Surau Gadang yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (penelitian pengembangan). Modul pembelajaran IPA berbasis pendekatan konstruktivisme ini dikembangkan dengan menggunakan model 4-D (Define, Design, develop, dan Disseminate), yang dibatasi sampai tahap develop. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Pengumpulan data dilakukan dengan validasi dan uji coba modul yang dikembangkan. Rancangan modul yang telah dibuat divalidasi oleh tiga dosen ahli kemudian diujicobakan di kelas V SD Negeri 08 Surau Gadang untuk mengetahui praktikalitas modul yang dikembangkan. Hal ini menunjukkan bahwa modul ini berada pada kategori sangat valid oleh tiga dosen ahli, yaitu dengan nilai validitas 0,96 oleh dosen ahli desain, nilai validitas 1,00 oleh dosen ahli bahasa, dan nilai validitas 0,85 oleh dosen ahli materi, sehingga rata-rata keseluruhan nilai validitas dari tiga orang dosen ahli yaitu 0,93 pada kategori sangat valid. Modul yang telah dikembangkan dikategorikan sangat praktis oleh pendidik dengan rata-rata persentase kepraktisan 94,7 % oleh pendidik dan juga dikategorikan sangat praktis oleh peserta didik dengan rata-rata persentase kepraktisan 92,5%. Hal ini menujukkan bahwa modul pembelajaran IPA pada materi suhu dan kalor berbasis pendekatan konstruktivisme yang dihasilkan sudah sangat valid dan sangat praktis sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran di kelas V SD. Dengan adanya modul ini diharapkan peserta didik dapat membangun pengetahuannya dalam proses pembelajaran. &#xD; &#xD; Kata Kunci : Modul IPA, Kontruktivisme, Valid, Praktis</description><date>2020-07</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/197/1/47%20DISYA%20OCTA%20SINDRA%201610013411005%20Cover.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/197/2/47%20DISYA%20OCTA%20SINDRA%201610013411005%20Abstrak.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/197/3/47%20DISYA%20OCTA%20SINDRA%201610013411005%20BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/197/4/47%20DISYA%20OCTA%20SINDRA%201610013411005%20BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/197/5/47%20DISYA%20OCTA%20SINDRA%201610013411005%20BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/197/6/47%20DISYA%20OCTA%20SINDRA%201610013411005%20BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/197/7/47%20DISYA%20OCTA%20SINDRA%201610013411005%20BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/197/8/47%20DISYA%20OCTA%20SINDRA%201610013411005%20Daftar%20Pustaka.pdf</identifier><identifier> Disya, Octa Sindra and Wince, Hendri and Zulfa, Amrina (2020) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA PADA MATERI SUHU DAN KALOR BERBASIS PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME UNTUK KELAS V SD NEGERI 08 SURAU GADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta. </identifier><recordID>197</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Disya, Octa Sindra
Wince, Hendri
Zulfa, Amrina
title PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA PADA MATERI SUHU DAN KALOR BERBASIS PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME UNTUK KELAS V SD NEGERI 08 SURAU GADANG
publishDate 2020
isbn 2016100134110
topic L Education (General)
url http://repo.bunghatta.ac.id/197/1/47%20DISYA%20OCTA%20SINDRA%201610013411005%20Cover.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/197/2/47%20DISYA%20OCTA%20SINDRA%201610013411005%20Abstrak.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/197/3/47%20DISYA%20OCTA%20SINDRA%201610013411005%20BAB%20I.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/197/4/47%20DISYA%20OCTA%20SINDRA%201610013411005%20BAB%20II.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/197/5/47%20DISYA%20OCTA%20SINDRA%201610013411005%20BAB%20III.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/197/6/47%20DISYA%20OCTA%20SINDRA%201610013411005%20BAB%20IV.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/197/7/47%20DISYA%20OCTA%20SINDRA%201610013411005%20BAB%20V.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/197/8/47%20DISYA%20OCTA%20SINDRA%201610013411005%20Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/197/
contents Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran IPA pada materi suhu dan kalor berbasis pendekatan konstruktivisme untuk kelas V SD Negeri 08 Surau Gadang yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (penelitian pengembangan). Modul pembelajaran IPA berbasis pendekatan konstruktivisme ini dikembangkan dengan menggunakan model 4-D (Define, Design, develop, dan Disseminate), yang dibatasi sampai tahap develop. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Pengumpulan data dilakukan dengan validasi dan uji coba modul yang dikembangkan. Rancangan modul yang telah dibuat divalidasi oleh tiga dosen ahli kemudian diujicobakan di kelas V SD Negeri 08 Surau Gadang untuk mengetahui praktikalitas modul yang dikembangkan. Hal ini menunjukkan bahwa modul ini berada pada kategori sangat valid oleh tiga dosen ahli, yaitu dengan nilai validitas 0,96 oleh dosen ahli desain, nilai validitas 1,00 oleh dosen ahli bahasa, dan nilai validitas 0,85 oleh dosen ahli materi, sehingga rata-rata keseluruhan nilai validitas dari tiga orang dosen ahli yaitu 0,93 pada kategori sangat valid. Modul yang telah dikembangkan dikategorikan sangat praktis oleh pendidik dengan rata-rata persentase kepraktisan 94,7 % oleh pendidik dan juga dikategorikan sangat praktis oleh peserta didik dengan rata-rata persentase kepraktisan 92,5%. Hal ini menujukkan bahwa modul pembelajaran IPA pada materi suhu dan kalor berbasis pendekatan konstruktivisme yang dihasilkan sudah sangat valid dan sangat praktis sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran di kelas V SD. Dengan adanya modul ini diharapkan peserta didik dapat membangun pengetahuannya dalam proses pembelajaran. Kata Kunci : Modul IPA, Kontruktivisme, Valid, Praktis
id IOS14200.197
institution universitas bung hatta
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
institution_id 2476
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Bung Hatta
library_id 3754
collection Repository Universitas Bung Hatta
repository_id 14200
city KOTA PADANG
province SUMATERA BARAT
repoId IOS14200
first_indexed 2020-07-23T08:05:01Z
last_indexed 2020-07-23T08:05:01Z
recordtype dc
_version_ 1686871787046961152
score 17.538404