PERAN GURU PPKN UNTUK MEMPERSIAPKAN SISWA DALAM MENGHADAPI ERA REVOLUSI INDUDTRI 4.0 DI SMP N 27 MERANGIN
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran guru PPkn untuk mempersiapkan siswa dalam menghadapi era revolusi industri 4.0 di SMP N 27 Merangin. Jenis penelitian adalah kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 27 Merangin Tahun Pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 60 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan yaitu dengan cara menyebarkan kuisioner/angket dan juga wawancara terhadap guru PPKn. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesiapan siswa SMP Negeri 27 Merangin sudah 98% dalam menghadapi era revolusi industri 4.0 ini, yaitu dengan cara menerapkan kompetensi peserta didik yaitu 4C (Critical Thingking and Problem Solving, Creativity, Communication, dan Ability to Work Collaboratively). Data dalam penelitian ini adalah data primer yaitu data yang diperoleh dari hasil kuisioner/angket dan juga wawancara. Kata Kunci: Peran Guru PPKn, Revolusi Industri 4.0