PENGARUH TUNNELING INCENTIVE, MEKANISME BONUS, PAJAK, DAN KEPEMLIKAN ASING TERHADAP TRANSFER PRICING (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2018)
Daftar Isi:
- PENGARUH TUNNELING INCENTIVE, MEKANISME BONUS, PAJAK, DAN KEPEMLIKAN ASING TERHADAP TRANSFER PRICING (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2018) Ulfa Andamsari, Yunilma1, Popi Fauziati2 Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Bung Hatta Email: ulfaandamsari@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini betujuan untuk menguji pengaruh tunneling incentive, mekanisme bonus, pajak, dan kepemilikan asing terhadap transfer pricing. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling terhadap perusahaan manufaktur yang terdapat di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2014-2018 sesuai kriteria terpilih diperoleh 50 perusahaan sebagai sampel. Teknik pengujian hipotesis yang digunakan adalah analisis regresi logistik dengan bantuan software SPSS versi 17. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel tunneling incentive dan mekanisme bonus tidak berpengaruh terhadap transfer pricing, sedangkan variabel pajak dan kepemilikan asing berpengaruh terhadap transfer pricing. Kata kunci : Tunneling incentive, Mekanisme Bonus, Pajak, Kepemilikan Asing, Transfer Pricing