PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS MODEL DRILL PADA PEMBELAJARAN IPA TEMA 2 SELALU BERHEMATENERGI SUBTEMA 3 ENERGI ALTERNATIF UNTUK KELAS IVSD NEGERI 05 SURAU GADANG
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis model drill pada pembelajaran IPA Tema 2 Selalu Berhemat Energi Subtema 3 Energi Alternatif untuk kelas IV SD Negeri 05 Surau Gadang yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Deveopment). Model penelitian yang digunakan adalah tipe 4-D yaitu define, design, develop, dan disseminate. Pada penelitian ini hanya sampai tahap develop dikarenakan keterbatasan waktu. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Intrumen penelitian meliputi lembar validasi dan angket praktikalitas (angket respon guru dan siswa). Media pembelajaran interaktif berbasis model drill pada pembelajaran IPA divalidasi oleh 2 orang dosen, serta diujicobakan kepada 1 orang guru dan 28 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis model drill dengan menggunakan aplikasi macromedia flash 8 untuk siswa kelas IV SD menggunakan formula Aiken V memenuhi kriteria valid dengan nilai 0.93 dari aspek materi, 0.82 dari aspek media dan criteria kepraktisan dengan nilai 0.96 dari praktisi guru, 0.88 dari praktisi siswa. Jadi, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis model drill memuhi criteria sangat valid dan sangat praktis untuk digunakan sebagai salah satu media pembelajaran IPA di kelas IV di sekolah dasar. Kata kunci :pengembangan, media pembelajaran IPA, model drill, macromedia flash 8