Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran ular tangga pintar pada mata pelajaran IPA kelas IV SD yang valid dan praktis. Jenis penelitian menggunakan penelitian Research and Development. Media pembelajaran dikembangkan dengan memodifikasi model ADDI. Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2019/2020. Pengumpulan data validitas media pembelajaran ular tangga pintar mata pelajaran IPA kelas IV SD yang dikembangkan dan menggunakan angket yang divalidasi oleh ahli. Untuk praktikalitas media pembelajaran ular tangga pintar dilakukan di sekolah oleh guru dan siswa. Hasil validasi media pembelajaran ular tangga pintar pada mata pelajaran IPA kelas IV SD berada pada kategori valid dengan 0,76 dan validasi materi pada media pembelajaran ular tangga pintar ini berada pada kategori sangat valid dengan 0,91. Media permainan ular tangga pintar yang telah dikembangkan dikategorikan sangat praktis oleh pendidik dengan 0,96 dan dikategorikan sangat praktis oleh peserta didik dengan 0,97. Media pembelajaran ular tangga pintar pada mata pelajaran IPA kelas IV SD yang dihasilkan sudah valid dan sangat praktis dapat digunakan dalam mata pelajaran IPA di kelas IV SD. Adapun saran peneliti yaitu media pembelajaran ular tangga pintar pada mata pelajaran IPA kelas IV SD yang telah dikembangkan dapat digunakan sebagai salah satu media dalam proses pembelajaran di kelas. Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran IPA, Ular Tangga Pintar