Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar biologi berupa modul berbasis PBL pada materi animalia untuk peserta didik kelas X SMA yang valid dan praktis. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan tiga tahapan model 4-D yaitu tahapan pendefinisian (define), perancangan (design), dan pengembangan (develop). Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket validitas dan angket praktikalitas. Subjek penelitian ini adalah 2 orang dosen FKIP UBH, 1 orang guru mata pelajaran biologi dan 35 orang peserta didik kelas X IPA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul yang dihasilkan dinyatakan sangat valid (3,48) dengan komponen penilaian berdasarkan kelayakan isi (3,50), komponen kebahasaan (3,50), dan komponen penyajian (3,45%). Penilaian praktikalitas dilakukan oleh guru dengan kriteria praktis (80,25%) dan dinilai praktis oleh peserta didik (81,37%). Dari penelitian pengembangan ini dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berupa modul berbasis Problem Based Learning yang dihasilkan valid dan praktis untuk digunakan dan dapat membantu peserta didik dalam memahami materi animalia. Kata kunci: modul berbasis Problem Based Learning, animalia, validitas, praktikalitas