Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis Problem Based Learning pada materi animalia yang valid dan praktis. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan menggunakan tiga tahap dari 4-D model, yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (Develop). Instrumen yang digunakan adalah angket validitas oleh dua orang dosen dan angket praktikalitas oleh tiga orang guru mata pelajaran biologi dan 65 orang siswa kelas X IPA SMAN 1 Bukittinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa yang dihasilkan dinyatakan sangat valid 3,64 dengan komponen penilaian berdasarkan aspek kelayakan isi 3,57 (sangat valid), kebahasaan 3,57 (sangat valid), penyajian 3,79 (sangat valid). Media pembelajaran interaktif berbasis Problem Based Learning yang dihasilkan dinyatakan sangat praktis oleh guru 90,28% dengan komponen penilaian berdasarkan aspek kemudahan penggunaan 89,58% (praktis), efesiensi waktu pembelajaran 89,58% (praktis), manfaat 91,67% (sangat praktis) dan dinyatakan praktis oleh siswa 88,24% dengan komponen penilaian berdasarkan aspek kemudahan penggunaan 88,46% (praktis), efesiensi waktu pembelajaran 87,30% (praktis), manfaat 88,94% (praktis). Disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis Problem Based Learning valid dan praktis, sehingga layak digunakan dalam proses pembelajaran sebagai media pembelajaran materi animalia. Bagi guru dan siswa dapat dijadikan sebagai media pembelajaran dan bahan ajar, penelitian lain dapat menggunakan atau melanjutkan penelitian ini sebagai bahan ajar. Kata kunci : Media pembelajaran interaktif, Problem Based Learning, Animalia.