PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN PUZZLE DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 32 KAYU KALEK
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran permainan puzzle pada mata pelajaran IPA kelas V SD yang valid praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Media pembelajaran ini dikembangkan dengan menggunakan model ADDI. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan uji coba dan validasi media permainan puzzle mata pelajaran IPA kelas V SD yang dikembangkan dan menggunakan angket yang divalidasi oleh ahli. Untuk praktikalitas media permainan puzzle dilakukan di sekolah oleh guru dan sisawa. Hasil penelitian diketahui bahwa media permainan puzzle pada mata pelajaran IPA kelas V SD ini berada pada kategori valid dengan rata-rata nilai 0,78 dan 0,94 untuk kevalidan materi kriteria sangat valid. Media permainan puzzle yang telah dikembangkan dikategorikan sangat praktis oleh pendidik dengan rata-rata nilai 0,92 dan 0,87 oleh peserta didik dengan kategori sangat praktis. Hal ini menunjukkan bahwa media permainan puzzle pada mata pelajaran IPA kelas V SD yang dihasilkan sudah valid dan sangat praktis sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran IPA di kelas V SD. Adapun saran peneliti yaitu media pembelajaran permainan puzzle pada mata pelajaran IPA kelas V SD yang telah dikembangkan dapat digunakan sebagai salah satu media dalam proses pemebelajaran di kelas. Kata Kunci : Pengembangan, Media Permainan Puzzle, Valid, Praktis