PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BIOLOGI BERNUANSA PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK SISWA KELAS VIII SMPN 1 TIMPEH KABUPATEN DHARMASRAYA
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran biologi bernuansa pendidikan karakter yang valid dan praktis pada materi sistem pernapasan untuk siswa kelas VIII SMP. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (development research) menggunakan 3 tahap dari 4-D models yang terdiri dari tahap Define (pendefenisian), Design (perancangan), dan Develope (pengembangan). Data penelitian diperoleh melalui angket validator yaitu 2 orang ahli dan 1 orang guru biologi dengan 26 orang siswa kelas VIII SMPN 1 Timpeh Kabupaten Dharmasraya. Hasil pengembangan dikatagorikan valid dari aspek kelayakan isi 3,50 (sangat valid), komponen kebahasaan 3,43 (valid), komponen penyajian 3,30 (valid). Modul pembelajaran yang dihasilkan dikatagorikan sangat praktis oleh guru biologi dari aspek kemudahan penggunaan 87,50% (praktis), manfaat 93,75% (sangat praktis), daya tarik 83,33% (praktis) dan dari aspek waktu pembelajaran dengan kepraktisan 100% (sangat praktis). Dikatagorikan praktis oleh 26 siswa dari aspek kemudahan penggunaan 86,92 (praktis), manfaat 84,29 (praktis), daya tarik 85,74% (praktis), dan dari aspek efisiensi waktu dengan kepraktisan 89,42% (praktis). Dari penelitian pengembangan ini dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran biologi bernuansa pendidikan karakter pada materi sistem pernapasan kelas VIII SMPN 1 Timpeh Kabupaten Dharmasraya dikategorikan valid dan praktis. Sehingga modul pendidikan karakter ini dapat digunakan untuk sekolah lainnya. Kata Kunci: Modul, Pembelajaran, Pendidikan Karakter