Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Problematika Siswa dalam Proses Pembelajaran Biologi dan Hubungannya dengan Hasil Belajar Kelas XI MIPA SMAN 5 Bukittinggi. Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif dengan populasi 163 siswa kelas XI MIPA SMAN 5 Bukittinggi yang terdaftar pada semester I tahun ajaran 2019/2020. Teknik pengambilan sampel yang di ambil secara proportional random sampling. Variabel penelitian ini adalah variabel X (Problematika Siswa dalam Proses Pembelajaran Biologi) dan variabel Y (dan Hubungannya dengan Hasil Belajar). Jenis data ada dua jenis yaitu data primer yang diperoleh dari angket dan data sekunder berupa hasil belajar siswa. Data dikumpulkan dengan cara menyebarkan angket yang diisi oleh 113 orang responden. Data dianalisis dengan menggunakan SPSS 15.0 dengan rumus korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Problematika siswa dalam proses pembelajaran biologi dan hubungannya dengan hasil belajar memiliki korelasi -0,105. Pada problematika faktor intern mendapatkan 3,26. Pada problematika faktor ekstern mendapatkan 3,08. Indikator yang paling kuat adalah jasmaniah (intern) -0,156. Indikator yang memiliki nilai korelasi paling rendah adalah masyarakat (ekstern) -0,180. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga r yang diperoleh adalah 0,011 atau 1,1 % pada taraf 0,05 level (2-tailed). Dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan pada problematika siswa dalam proses pembelajaran biologi dan dengan hasil belajar kelas XI MIPA memiliki hubungan sangat rendah. Kata kunci : Problematika siswa, pembelajaran biologi, hasil belajar