KEBIASAAN BELAJAR DAN GAYA BELAJAR SERTA KONTRIBUSI TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 3 PARIAMAN
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kebiasaan belajar dan gaya belajar siswa terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI. IPA SMA Negeri 3 Pariaman, membandingkan kebiasaan belajar dan gaya belajar berdasarkan jenis kelamin siswa, serta melihat sumbangan atau kontribusi kebiasaan belajar dan gaya belajar siswa terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI. IPA SMA Negeri 3 Pariaman. Metode pengambilan sampel dilakukan dengan cara random, sebanyak 100 orang siswa sebagai sampel penelitian yang berasal dari empat kelas dengan jumlah sampel ditentukan secara “Proporsional Sampling”. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, homogenitas dan hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara signifikan antara variabel kebiasaan belajar dan gaya belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar biologi siswa kelas XI. IPA SMA Negeri 3 Pariaman. Hal ini dibuktikan dengan > , yaitu 3.140 > 3.09 serta memberikan sumbangan efektif sebesar 6.1%. Uji-t terhadap kebiasaan belajar antara siswa perempuan dengan siswa laki-laki tidak terdapat perbedaan yang signifikan; sedangkan gaya belajar antara siswa perempuan dengan siswa laki-laki terdapat perbedaan yang signifikan. Kata Kunci : Kebiasaan Belajar, Gaya belajar dan Hasil Belajar Biologi Siswa