Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran e-learning pada mata pelajaran biologi kelas X IPA SMA di nagari punggung kasik kecamatan lubuk alung. Teknik pengambilan sampel adalah simple random sampling dengan jumlah sampel 45 siswa kelas X. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensi. Hasil penelitian menunjukkan efektivitas pembelajaran e-learning pada mata pelajaran biologi kelas X IPA SMA di nagari punggung kasik kecamatan lubuk alung, termasuk kategori baik dan interpretasi tinggi berdasarkan indikator tidak dibatasi oleh jarak dan waktu mempunyai nilai paling tinggi 4,56 (91,22 %), indikator proses dalam penggunaan e-learning 4,55 (91 %), indikator interaksi lebih leluasa 4,55 (90,89 %), indikator teknologi pendukung dalam proses e-learning 4,50 (85,69 %) dan indikator sikap siswa dalam pembelajaran 4,42 (88,44 %). Berdasarkan hasil dari uji hipotesis Pembelajaran e-learning tidak efektif tetapi hasil belajar siswa masih diatas nilai kkm tertulis nilai f hitung = 0,418 lebih kecil dari f tabel = 4,06 (0,418 < 4,06). Dari penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran e-learning tidak efektif diterapkan pada mata pelajaran biologi kelas X IPA SMA di nagari punggung kasik kecamatan lubuk alung