Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Pesera Didik (LKPD) biologi berbasis Problem Solving yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan 3 tahap dari 4-D models yang terdiri dari tahap Define (pendefenisian), Design (perancangan), dan Develope (pengembangan). Data penelitian diperoleh melalui angket dari validator yaitu 2 orang ahli dan satu orang guru biologi dengan 33 orang siswa kelas XI IPA SMAN 3 Solok. Berdasarkan penilaian oleh validator LKPD berbasis Problem Solving dinyatakan valid dengan rata-rata nilai 3,42 dengan komponen penilaian berupa kelayakan isi 3,42, komponen kebahasaan 3,39, komponen penyajian 3,45. Penilaian praktikalitas dilakukan oleh guru praktis 83,93% dan dinilai praktis oleh siswa 89,72%. Dari penelitian pengembagan ini dapat disimpulkan bahwa LKPD biologi berbasis problem solving pada materi bahan psikotropika kelas XI SMAN 3 Solok dikategorikan valid dan praktis bagi siswa dan guru.