PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPS BERBASIS TEKA – TEKI SILANG PADA TEMA 1 INDAHNYA KEBERSAMAAN UNTUK SISWA KELAS IV (UJI COBA DI SD NEGERI 11 TANJUNG MEDAN)
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran IPS berbasis teka-teki silang pada kelas IV SD yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model penelitian pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 4-D yaitu define, design, develop, dan disseminate.Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2019/2020 dengan Tema 1 Indahnya Kebersamaan.Instrumen penelitian meliputi lembar validasi, lembar praktikalitas (angket respon guru dan siswa) dan lembar efektifitas (soal pre test dan soal post test). Pada proses validasi, modul divalidasi oleh 1 orang ahli materi, 1 orang ahli desain dan 1 orang ahli bahasa. Pada proses praktikalitas, modul diujicobakan oleh 1 orang guru dan 25 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian, pengembangan modul pembelajaran IPS berbasis teka-teki silang pada kelas IV SD dihasilkan modul yang memenuhi kriteria sangat valid dengan persentase penilaian sebesar 95,5%, memenuhi kriteria sangat praktis dengan persentase 94,6% dan memenuhi kriteria efektifitas tinggi dengan persentase 0,71. Jadi, dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran IPS berbasis teka-teki silang pada kelas IV SD sudah valid, praktis dan efektif digunakan sebagai salah satu sumberdalam pembelajaran IPS di kelas IV SD (Sekolah Dasar). Kata kunci: Modul, Pembelajaran IPS, Teka-teki Silang