Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Berdasarkan Tingkat Disposisi Matematis Siswa Kelas XI SMA Negeri di Padang Pariaman Tengah
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi tingkat disposisi matematis siswa yang beragam. Keberagaman tersebut mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah yang dimiliki siswa, oleh sebab itu peneliti meninjau lebih lanjut kemampuan pemecahan masalah yang dimiliki siswa berdasarkan tingkat disposisi matematis siswa. Kemampuan pemecahan masalah siswa SMA ini terbilang rendah, hal ini terlihat dari pemecahan masalah yang dikerjakan siswa serta hasil wawancara pada saat observasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat disposisi matematis siswa SMA dan mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa berdasarkan tingkat disposisi matematis siswa. Metode penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI SMA Negeri di Padang Pariaman Tengah. Pengambilan sampel dengan pengisian angket secara sukarela dan didasarkan pada teknik purposive sampling . Instrumen penelitian berupa angket disposisi matematis, tes kemampuan pemecahan masalah siswa, dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 3 tingkatan disposisi matematis yaitu (1) Tingkat tinggi sebanyak 6 orang siswa (22%), (2) Tingkat Sedang sebanyak 16 orang siswa (59%) dan, Tingkat rendah sebanyak 5 orang siswa (19%). Terdapat 3 hasil kemampuan pemecahan masalah siswa berdasarkan tingkat disposisi matematis siswa yaitu (1) lengkap dan tepat waktu, (2) lengkap dan tidak tepat waktu dan, (3) tidak lengkap. Dari penelitian ini disarankan kepada guru untuk lebih memperhatikan diposisi matematis yang dimilki siswa karena disposisi matematis mempunyai pengaruh tersendiri ke dalam kemampuan pemecahan masalah siswa, dan disarankan kepada siswa untuk meningkatkan rasa percaya diri terhadap kemampuan yang dimiliki oleh siswa tersebut.