ctrlnum 1689
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repo.bunghatta.ac.id/1689/</relation><title>Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Tahapan Newman pada Kelas XI IIS SMA Pembangunan Laboratorium UNP Padang</title><creator>fauziah, mutia yendri</creator><creator>SUSI, HERAWATI</creator><creator>YUSRI, WAHYUNI</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Dalam matematika dituntut untuk bisa menerapkan konsep dalam pemecahan masalah sehari-hari. Pemecahan masalah dalam matematika sekolah biasanya diwujudkan dalam bentuk soal cerita. Saat ini, keterampilan dalam menyelesaikan soal cerita matematika masih rendah, sehingga perlu dilakukan analisis. Metode analisis kesalahan Newman adalah salah satu metode yang digunakan untuk menganalisis kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Analisis kesalahan Newman terdiri dari 5 tahapan, yaitu (1) Kesalahan membaca soal, (2) Kesalahan memahami soal, (3) Kesalahan konfigurasi soal, (4) Kesalahan keterampilan proses, dan (5) Kesalahan menuliskan jawaban akhir.&#xD; Jenis penelitian yang dilakukan adalah deskriptif dengan subjek yaitu siswa kelas XI IIS 1 Sma Pembangunan Laboratorium UNP Padang yang mengalami kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah hasil ulangan siswa dan wawancara. Sedangkan instrumen penelitian yang digunakan adalah hasil ulangan siswa dan pedoman wawancara. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kesalahan yang paling banyak dilakukan siswa yaitu kesalahan menuliskan jawaban akhir dengan persentase sebesar 47,4%. Sedangkan persentase 2 kesalahan yang digunakan pada penelitian ini seperti kesalahan transformasi adalah 13,1% dan kesalahan keterampilan proses adalah 39,5%. Kesalahan yang dilakukan siswa, terdiri dari : siswa mengerti konteks kalimat soal tetapi siswa tidak dapat menuliskan makna secara tepat, tidak menuliskan apa yang diketahui dan ditanya, menuliskan yang diketahuidan ditanya tidak sesuai dengan permintaan soal, kesalahan dalam komputasi, kesalahan konsep, menuliskan jawaban akhir yang tidak sesuai dengan konteks soal. Faktor internal yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan yaitu bakat siswa yang masih rendah, kebiasaan siswa yang tidak mengulang pelajaran matematika, dan sikap siswa yang kurang perhatian terhadap pelajaran matematika. Sedangkan, Faktor eksternal yang menyebabkan kesalahan siswa adalah pengaruh teman sehingga siswa tidak fokus belajar dan jadwal belajar matematika siswa yang menjelang siang membuat siswa mengantuk dan tidak fokus belajar.&#xD; Dari hasil penelitian ini, sebaiknya siswa lebih teliti dalam mengerjakan soal dan diharapkan banyak berlatih mengerjakan soal cerita. diharapkan siswa lebih banyak melakukan latihan dengan soal yang bervariasi, lebih tanggap dalam melakukan perhitungan serta dibiasakan mengecek kembali jawaban pada akhir pengerjaan.</description><date>2020-11</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/1689/1/19%20Fauziah%20Mutia%20Yendri%20%281610013211016%29%20ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/1689/2/19%20Fauziah%20Mutia%20Yendri%20%281610013211016%29%20BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/1689/3/19%20Fauziah%20Mutia%20Yendri%20%281610013211016%29%20BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/1689/4/19%20Fauziah%20Mutia%20Yendri%20%281610013211016%29%20BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/1689/5/19%20Fauziah%20Mutia%20Yendri%20%281610013211016%29%20BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/1689/6/19%20Fauziah%20Mutia%20Yendri%20%281610013211016%29%20DAFATR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/1689/6/19%20Fauziah%20Mutia%20Yendri%20%281610013211016%29%20BAB%20IV.pdf</identifier><identifier> fauziah, mutia yendri and SUSI, HERAWATI and YUSRI, WAHYUNI (2020) Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Tahapan Newman pada Kelas XI IIS SMA Pembangunan Laboratorium UNP Padang. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA. </identifier><recordID>1689</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author fauziah, mutia yendri
SUSI, HERAWATI
YUSRI, WAHYUNI
title Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Tahapan Newman pada Kelas XI IIS SMA Pembangunan Laboratorium UNP Padang
publishDate 2020
isbn 2816100132110
topic L Education (General)
url http://repo.bunghatta.ac.id/1689/1/19%20Fauziah%20Mutia%20Yendri%20%281610013211016%29%20ABSTRAK.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/1689/2/19%20Fauziah%20Mutia%20Yendri%20%281610013211016%29%20BAB%20I.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/1689/3/19%20Fauziah%20Mutia%20Yendri%20%281610013211016%29%20BAB%20II.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/1689/4/19%20Fauziah%20Mutia%20Yendri%20%281610013211016%29%20BAB%20III.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/1689/5/19%20Fauziah%20Mutia%20Yendri%20%281610013211016%29%20BAB%20V.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/1689/6/19%20Fauziah%20Mutia%20Yendri%20%281610013211016%29%20DAFATR%20PUSTAKA.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/1689/6/19%20Fauziah%20Mutia%20Yendri%20%281610013211016%29%20BAB%20IV.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/1689/
contents Dalam matematika dituntut untuk bisa menerapkan konsep dalam pemecahan masalah sehari-hari. Pemecahan masalah dalam matematika sekolah biasanya diwujudkan dalam bentuk soal cerita. Saat ini, keterampilan dalam menyelesaikan soal cerita matematika masih rendah, sehingga perlu dilakukan analisis. Metode analisis kesalahan Newman adalah salah satu metode yang digunakan untuk menganalisis kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Analisis kesalahan Newman terdiri dari 5 tahapan, yaitu (1) Kesalahan membaca soal, (2) Kesalahan memahami soal, (3) Kesalahan konfigurasi soal, (4) Kesalahan keterampilan proses, dan (5) Kesalahan menuliskan jawaban akhir. Jenis penelitian yang dilakukan adalah deskriptif dengan subjek yaitu siswa kelas XI IIS 1 Sma Pembangunan Laboratorium UNP Padang yang mengalami kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah hasil ulangan siswa dan wawancara. Sedangkan instrumen penelitian yang digunakan adalah hasil ulangan siswa dan pedoman wawancara. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kesalahan yang paling banyak dilakukan siswa yaitu kesalahan menuliskan jawaban akhir dengan persentase sebesar 47,4%. Sedangkan persentase 2 kesalahan yang digunakan pada penelitian ini seperti kesalahan transformasi adalah 13,1% dan kesalahan keterampilan proses adalah 39,5%. Kesalahan yang dilakukan siswa, terdiri dari : siswa mengerti konteks kalimat soal tetapi siswa tidak dapat menuliskan makna secara tepat, tidak menuliskan apa yang diketahui dan ditanya, menuliskan yang diketahuidan ditanya tidak sesuai dengan permintaan soal, kesalahan dalam komputasi, kesalahan konsep, menuliskan jawaban akhir yang tidak sesuai dengan konteks soal. Faktor internal yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan yaitu bakat siswa yang masih rendah, kebiasaan siswa yang tidak mengulang pelajaran matematika, dan sikap siswa yang kurang perhatian terhadap pelajaran matematika. Sedangkan, Faktor eksternal yang menyebabkan kesalahan siswa adalah pengaruh teman sehingga siswa tidak fokus belajar dan jadwal belajar matematika siswa yang menjelang siang membuat siswa mengantuk dan tidak fokus belajar. Dari hasil penelitian ini, sebaiknya siswa lebih teliti dalam mengerjakan soal dan diharapkan banyak berlatih mengerjakan soal cerita. diharapkan siswa lebih banyak melakukan latihan dengan soal yang bervariasi, lebih tanggap dalam melakukan perhitungan serta dibiasakan mengecek kembali jawaban pada akhir pengerjaan.
id IOS14200.1689
institution universitas bung hatta
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
institution_id 2476
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Bung Hatta
library_id 3754
collection Repository Universitas Bung Hatta
repository_id 14200
city KOTA PADANG
province SUMATERA BARAT
repoId IOS14200
first_indexed 2020-11-28T13:48:01Z
last_indexed 2020-11-28T13:48:01Z
recordtype dc
_version_ 1686871797096513536
score 17.538404