Daftar Isi:
  • PERAN MANAJEMEN LABA DALAM MEMODERASI HUBUNGAN ANTARA PENGUNGKAPAN CORPORATE SOSIAL RESPONSIBILITY (CSR) DAN KINERJA PERUSAHAAN (Studi pada Perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2018) Nur Amalina1, Zaitul, Siti Rahmi 1)Mahasiswa jurusan Akuntansi, Universitas Bung Hatta, Padang, Indonesia Email: nuramalina569@gmail.com Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh manajemen laba dalam memoderasi hubungan antara pengungkapan CSR dan kinerja perusahaan. Dalam penelitian ini perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dengan jumlah 22 perusahaan yang terdaftar di bursa efek Indonesiadijadikan sebagai objek penelitian, untuk periode tahun 2014 hingga 2018. Selain itu, penelitian ini juga menggunakan umur perusahaan, ukuran perusahaan, dan leveragesebagai variabel kontrol. Teori agensi, teori stakeholder dan temuan sebelumnya digunakan untuk mengembangkan hipotesis. Data dikumpulkan melalui situs web exhange saham Indonesia, situs web perusahaan, dan sumber elektronik lainnya. Moderated Regression Analysis (MRA) diterapkan untuk menganalisis data penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengungkapan Corporate Sosial Responsibility (CSR) berpengaruh positif terhadap kinerja perusahaan. Sedangkan, manajemen laba berpengaruh positif terhadap kinerja perusahaan. Selanjutnya, manajemen laba secara negative memoderasi hubungan antara CSR dan kinerja perusahaan. Temuan ini berkontribusi pada teori stakeholder menyatakan bahwa hubungan yang positif dengan stakeholder kunci (shareholder) yang akan dapat meningkatkan kinerja perusahaan dapat dicapai dengan adanya manajemen yang baik,Asumsi yang mendasari teori ini adalah CSR yang dapat digunakan sebagai alat organisasi untuk menggunakan sumberdaya yang lebih efektif yang mempunyai dampak positif terhadap kinerja perusahaan. Sedangkan manajemen laba dijelaskan oleh teori keagenan, Semakin baik manajemen laba memberikan gambaran tentang perilaku manajer dalam melaporkan kegiatan usaha maka semakin baik pula laporan keuangan perusahaan.Sehingga ini bisa memberikan kinerja perusahaan yang baik pula dimata stakeholder. Keywords: Corporate Sosial Responsibility (CSR), Manajemen laba, Kinerja Perusahaan