Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi dari siswa yang belum terampil menggunakan informasi yang diberikan saat menyelesaikan soal latihan yang diberikan. kemampuan siswa yang belum dapat memahami konsep dan prosedur dalam menyelesaikan soal dengan baik, serta belum mampu mengembangkan rumus yang dipahami dalam bentuk berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan belajar siswa yang ditinjau dari koneksi matematika siswa kelas VII di SMPN 18 Padang dan mengetahui penyebab kesulitan belajar siswa ditinjau dari koneksi matematika siswa. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitiannya adalah penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 18 Padang yang berjumlah 23 siswa. Data dalam penelitian ini diperoleh dari soal tes kemampuan koneksi matematika dan wawancara kepada siswa. Data hasil penelitian menunjukan bahwa koneksi matematika siswa kelas VIII SMPN 18 Padang terbagi menjadi tiga, yaitu tinggi, sedang dan rendah. Kemampuan koneksi matematika siswa dengan rata-rata kemampuan koneksi matematika kelompok tinggi adalah 26,1%, kelompok sedang adalah 52,2%, dan kelompok rendah adalah 21,7%. Dari hasil penelitian, disarankan hendaknya guru memahami kelemahan dan kekuatan masing-masing kemampuan koneksi matematika siswa, karena siswa memiliki kemampuan yang berbeda-beda khususnya kemampuan koneksi matematika.