Pengaruh Disposisi Matematis Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP di Kota Padang
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya hasil belajar pembelajaran matematika siswa kelas VIII SMP di Kota Padang. Banyak faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa salah satunya karena rendahnya kemampuan disposisi matematis dimiliki siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh disposisi matematis terhadap hasil belajar Siswa Kelas VIII SMP di kota Padang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP di Kota Padang tahun pelajaran 2019/2020. Sampel penelitian yaitu siswa yang mengisi kuesioner disposisi matematis melalui google form sebanyak 20. Teknik pengambilan sampel yaitu purpossive sampling, yaitu teknik pengambilan sampel berdasarkan pertimbangan khusus dari peneliti sehingga layak sampel digunakan. Mengingat kondisi saat ini yang sedang pandemi COVID-19 pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII yang mengisi kuesioner yang disebarkan melalui google form. Teknik analisis yang digunakan dalam pengujian hipotesis penelitian adalah analisis korelasi dan regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini diperoleh nilai thitung (-1.181) pada taraf signifikansi 0.253 ≤ ttabel (1.73406) pada 0.05 jadi hipotesis nol diterima dan hipotesis satu ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa disposisi matematis tidak berpengaruh terhadap hasil belajar pembelajaran siswa kelas VIII SMP di Kota Padang tahun pelajaran 2019/2020.