PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS KARAKTER PADA TEMA 4 BERBAGAI PEKERJAAN SUBTEMA 1 JENIS – JENIS PEKERJAAN UNTUK SISWA KELAS IV SD
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lembar kerja peserta didik berbasis karakter pada kelas IV SD Negeri 08 Tanjung Medan yang memenuhi criteria valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model penelitian pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 4 –D yaitu define, design, develop, dan disseminate. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2019/2020 dengan Tema 4 Berbagai Pekerjaan Subtema 1 Jenis – jenis Pekerjaan. Instrumen penelitian meliputi lembar validasi, lembar praktikalitas (angket respon guru dan siswa) dan lembar efektifitas (soal pre test dan soal post test). Pada proses validasi, modul di validasi oleh 5 orang ahli materi, 1 orang ahli desain dan 1 orang ahli bahasa. Pada proses praktikalitas, modul di uji cobakan oleh 1 orang guru dan 25 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang dikembangkan di peroleh rata – rata hasil validasi LKPD sebesar 87,5% dengan kriteria valid, pada praktikalitas LKPD di peroleh rata-rata sebesar 95,5% dengan kriteria sangat praktis dan pada efektifitas LKPD di peroleh rata – rata sebesar 0,81% dengan kriteria sangat efektif. Jadi, dapat disimpulkan bahwa lembar kerja peserta didik berbasis karakter pada kelas IV SD telah valid, praktis dan efektif digunakan sebagai sumber belajar atau bahan ajar baik untuk siswa ataupun guru. Kata kunci: Tematik, LKPD, Karakter