Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD berbasis multikultural pada pembelajaran tematik tema 1 (Indahnya Kebersamaan) subtema 1 (Keragaman Budaya Bangsaku) untuk siswa kelas IV SD Negeri 37 Anduring Padang yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (Penelitian Pengembangan). Model penelitian pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 4-D yaitu define, design, develop, dan disseminate. Karena keterbatasan waktu maka penelitian ini hanya sampai tahap develop (pengembangan). Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas IV semester genap tahun ajaran 2019 / 2020. Instrumen penelitian meliputi lembar validasi dan lembar praktikalitas (angket respon guru dan siswa). Pada proses validasi, LKPD divalidasi oleh 6 orang ahli materi, 1 orang ahli desain, dan 1 orang ahli bahasa. Pada proses praktikalitas, LKPD diujicobakan oleh 1 orang guru dan 21 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD berbasis multikultural pada pembelajaran tematik tema 1 subtema 1 untuk siswa kelas IV SD dikembangkan memenuhi kriteria valid dengan persentase penilaian sebesar 87%, dan memenuhi kriteria sangat praktis dengan presentase 93,3%. Jadi dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis multikultural pada pembelajaran tematik tema 1 subtema 1 untuk siswa kelas IV SD valid dan sangat praktis digunakan sebagai salah satu sumber belajar bagi guru ataupun siswa. Kata kunci : Pengembangan, LKPD Berbasis Multikultural