ctrlnum 1195
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repo.bunghatta.ac.id/1195/</relation><title>Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal&#xD; Cerita Matematika Dengan Menggunakan Prosedur&#xD; Newman Di Kelas VII SMPN 6 Pariaman</title><creator>Arnaldo, Masni Lova</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Penelitian ini dilatarbelakangi dengan banyaknya siswa yang melakukan&#xD; kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Untuk itu perlu dilakukan&#xD; analisis tentang tipe-tipe kesalahan yang dilakukan siswa serta mendiskripsikan&#xD; faktor penyebab siswa melakukan kesalahan tersebut. Analisis kesalahan Newman&#xD; adalah salah satu metode sederhana yang dapat digunakan untuk mengetahui&#xD; kesalahan dalam menyelesaikan permasalahan matematika.&#xD; Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah: 1) Bagaimana tipe-tipe kesalahan&#xD; yang dilakukan siswa kelas VII SMPN 6 Pariaman dalam menyelesaikan soal&#xD; cerita matematika berdasarkan prosedur Newman, 2) Apa faktor-faktor penyebab&#xD; siswa kelas VII SMPN 6 Pariaman melakukan kesalahan dalam menyelesaikan&#xD; soal cerita matematika berdasarkan prosedur Newman.&#xD; Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan menggunakan metode&#xD; metode penelitian kualitatif. Pupulasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII&#xD; SMPN 6 Pariaman. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling&#xD; dan terpilih kelas VII2 sebagai sampel penelitian. Intrumen penelitian berupa tes&#xD; dan wawancara.&#xD; Hasil penelitian ini menunjukan kesalahan yang dilakukan siswa dengan&#xD; sampel 17 orang siswa. Siswa melakukan kesalahan membaca (R) sebanyak&#xD; 88,24%, kesalahan memahami (C) sebanyak 64,71%, kesalahan transformasi (T)&#xD; sebanyak 82,36%, kesalahan keterampilan proses (P) sebanyak 94,12%, dan&#xD; kesalahan penulisan jawaban akhir (E) sebanyak 100%. Faktor-faktor yang&#xD; menyebabkan siswa melakukan kesalahan dapat dikelompokan menjadi dua&#xD; kendala yaitu: l) permasalahan dalam kelancaran berbahasa dan konseptual yang&#xD; sesuai dengan tingkat membaca sederhana dan memaknai masalah, 2) masalah&#xD; dalam pengolahan matematika.&#xD; Dari hasil penelitian disarankan sebaiknya siswa dibiasakan untuk&#xD; menuliskan hal yang diketahui dan ditanyakan oleh soal dengan menggunakan konteks masalah soal cerita, memperbanyak latihan soal dan dibiasakan untuk&#xD; mengecek kembali jawaban sebelum dikumpulkan, serta dibiasakan untuk&#xD; menuliskan kesimpulan dari setiap soal dengan lengkap. Selain itu, sebaiknya&#xD; guru lebih mengaitkan materi pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari&#xD; sehingga mudah dipahami dan diingat.</description><date>2020-09</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/1195/1/20%20Arnaldo%20Masni%20Lova%201410013211060%20Cover.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/1195/2/20%20Arnaldo%20Masni%20Lova%201410013211060%20Abstrak.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/1195/3/20%20Arnaldo%20Masni%20Lova%201410013211060%20BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/1195/4/20%20Arnaldo%20Masni%20Lova%201410013211060%20BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/1195/5/20%20Arnaldo%20Masni%20Lova%201410013211060%20BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/1195/6/20%20Arnaldo%20Masni%20Lova%201410013211060%20BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/1195/7/20%20Arnaldo%20Masni%20Lova%201410013211060%20BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/1195/8/20%20Arnaldo%20Masni%20Lova%201410013211060%20Daftar%20Pustaka.pdf</identifier><identifier> Arnaldo, Masni Lova (2020) Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Dengan Menggunakan Prosedur Newman Di Kelas VII SMPN 6 Pariaman. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta. </identifier><recordID>1195</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Arnaldo, Masni Lova
title Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Dengan Menggunakan Prosedur Newman Di Kelas VII SMPN 6 Pariaman
publishDate 2020
isbn 2014100132110
topic L Education (General)
url http://repo.bunghatta.ac.id/1195/1/20%20Arnaldo%20Masni%20Lova%201410013211060%20Cover.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/1195/2/20%20Arnaldo%20Masni%20Lova%201410013211060%20Abstrak.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/1195/3/20%20Arnaldo%20Masni%20Lova%201410013211060%20BAB%20I.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/1195/4/20%20Arnaldo%20Masni%20Lova%201410013211060%20BAB%20II.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/1195/5/20%20Arnaldo%20Masni%20Lova%201410013211060%20BAB%20III.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/1195/6/20%20Arnaldo%20Masni%20Lova%201410013211060%20BAB%20IV.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/1195/7/20%20Arnaldo%20Masni%20Lova%201410013211060%20BAB%20V.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/1195/8/20%20Arnaldo%20Masni%20Lova%201410013211060%20Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/1195/
contents Penelitian ini dilatarbelakangi dengan banyaknya siswa yang melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Untuk itu perlu dilakukan analisis tentang tipe-tipe kesalahan yang dilakukan siswa serta mendiskripsikan faktor penyebab siswa melakukan kesalahan tersebut. Analisis kesalahan Newman adalah salah satu metode sederhana yang dapat digunakan untuk mengetahui kesalahan dalam menyelesaikan permasalahan matematika. Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah: 1) Bagaimana tipe-tipe kesalahan yang dilakukan siswa kelas VII SMPN 6 Pariaman dalam menyelesaikan soal cerita matematika berdasarkan prosedur Newman, 2) Apa faktor-faktor penyebab siswa kelas VII SMPN 6 Pariaman melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita matematika berdasarkan prosedur Newman. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan menggunakan metode metode penelitian kualitatif. Pupulasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 6 Pariaman. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan terpilih kelas VII2 sebagai sampel penelitian. Intrumen penelitian berupa tes dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukan kesalahan yang dilakukan siswa dengan sampel 17 orang siswa. Siswa melakukan kesalahan membaca (R) sebanyak 88,24%, kesalahan memahami (C) sebanyak 64,71%, kesalahan transformasi (T) sebanyak 82,36%, kesalahan keterampilan proses (P) sebanyak 94,12%, dan kesalahan penulisan jawaban akhir (E) sebanyak 100%. Faktor-faktor yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan dapat dikelompokan menjadi dua kendala yaitu: l) permasalahan dalam kelancaran berbahasa dan konseptual yang sesuai dengan tingkat membaca sederhana dan memaknai masalah, 2) masalah dalam pengolahan matematika. Dari hasil penelitian disarankan sebaiknya siswa dibiasakan untuk menuliskan hal yang diketahui dan ditanyakan oleh soal dengan menggunakan konteks masalah soal cerita, memperbanyak latihan soal dan dibiasakan untuk mengecek kembali jawaban sebelum dikumpulkan, serta dibiasakan untuk menuliskan kesimpulan dari setiap soal dengan lengkap. Selain itu, sebaiknya guru lebih mengaitkan materi pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari sehingga mudah dipahami dan diingat.
id IOS14200.1195
institution universitas bung hatta
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
institution_id 2476
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Bung Hatta
library_id 3754
collection Repository Universitas Bung Hatta
repository_id 14200
city KOTA PADANG
province SUMATERA BARAT
repoId IOS14200
first_indexed 2020-10-01T00:28:04Z
last_indexed 2020-10-21T10:49:53Z
recordtype dc
_version_ 1686871793325834240
score 17.538404