Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Dengan Menggunakan Prosedur Newman Di Kelas VII SMPN 6 Pariaman
ctrlnum |
1195 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repo.bunghatta.ac.id/1195/</relation><title>Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal
Cerita Matematika Dengan Menggunakan Prosedur
Newman Di Kelas VII SMPN 6 Pariaman</title><creator>Arnaldo, Masni Lova</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Penelitian ini dilatarbelakangi dengan banyaknya siswa yang melakukan
kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Untuk itu perlu dilakukan
analisis tentang tipe-tipe kesalahan yang dilakukan siswa serta mendiskripsikan
faktor penyebab siswa melakukan kesalahan tersebut. Analisis kesalahan Newman
adalah salah satu metode sederhana yang dapat digunakan untuk mengetahui
kesalahan dalam menyelesaikan permasalahan matematika.
Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah: 1) Bagaimana tipe-tipe kesalahan
yang dilakukan siswa kelas VII SMPN 6 Pariaman dalam menyelesaikan soal
cerita matematika berdasarkan prosedur Newman, 2) Apa faktor-faktor penyebab
siswa kelas VII SMPN 6 Pariaman melakukan kesalahan dalam menyelesaikan
soal cerita matematika berdasarkan prosedur Newman.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan menggunakan metode
metode penelitian kualitatif. Pupulasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII
SMPN 6 Pariaman. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling
dan terpilih kelas VII2 sebagai sampel penelitian. Intrumen penelitian berupa tes
dan wawancara.
Hasil penelitian ini menunjukan kesalahan yang dilakukan siswa dengan
sampel 17 orang siswa. Siswa melakukan kesalahan membaca (R) sebanyak
88,24%, kesalahan memahami (C) sebanyak 64,71%, kesalahan transformasi (T)
sebanyak 82,36%, kesalahan keterampilan proses (P) sebanyak 94,12%, dan
kesalahan penulisan jawaban akhir (E) sebanyak 100%. Faktor-faktor yang
menyebabkan siswa melakukan kesalahan dapat dikelompokan menjadi dua
kendala yaitu: l) permasalahan dalam kelancaran berbahasa dan konseptual yang
sesuai dengan tingkat membaca sederhana dan memaknai masalah, 2) masalah
dalam pengolahan matematika.
Dari hasil penelitian disarankan sebaiknya siswa dibiasakan untuk
menuliskan hal yang diketahui dan ditanyakan oleh soal dengan menggunakan konteks masalah soal cerita, memperbanyak latihan soal dan dibiasakan untuk
mengecek kembali jawaban sebelum dikumpulkan, serta dibiasakan untuk
menuliskan kesimpulan dari setiap soal dengan lengkap. Selain itu, sebaiknya
guru lebih mengaitkan materi pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari
sehingga mudah dipahami dan diingat.</description><date>2020-09</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/1195/1/20%20Arnaldo%20Masni%20Lova%201410013211060%20Cover.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/1195/2/20%20Arnaldo%20Masni%20Lova%201410013211060%20Abstrak.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/1195/3/20%20Arnaldo%20Masni%20Lova%201410013211060%20BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/1195/4/20%20Arnaldo%20Masni%20Lova%201410013211060%20BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/1195/5/20%20Arnaldo%20Masni%20Lova%201410013211060%20BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/1195/6/20%20Arnaldo%20Masni%20Lova%201410013211060%20BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/1195/7/20%20Arnaldo%20Masni%20Lova%201410013211060%20BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/1195/8/20%20Arnaldo%20Masni%20Lova%201410013211060%20Daftar%20Pustaka.pdf</identifier><identifier> Arnaldo, Masni Lova (2020) Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Dengan Menggunakan Prosedur Newman Di Kelas VII SMPN 6 Pariaman. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta. </identifier><recordID>1195</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Arnaldo, Masni Lova |
title |
Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal
Cerita Matematika Dengan Menggunakan Prosedur
Newman Di Kelas VII SMPN 6 Pariaman |
publishDate |
2020 |
isbn |
2014100132110 |
topic |
L Education (General) |
url |
http://repo.bunghatta.ac.id/1195/1/20%20Arnaldo%20Masni%20Lova%201410013211060%20Cover.pdf http://repo.bunghatta.ac.id/1195/2/20%20Arnaldo%20Masni%20Lova%201410013211060%20Abstrak.pdf http://repo.bunghatta.ac.id/1195/3/20%20Arnaldo%20Masni%20Lova%201410013211060%20BAB%20I.pdf http://repo.bunghatta.ac.id/1195/4/20%20Arnaldo%20Masni%20Lova%201410013211060%20BAB%20II.pdf http://repo.bunghatta.ac.id/1195/5/20%20Arnaldo%20Masni%20Lova%201410013211060%20BAB%20III.pdf http://repo.bunghatta.ac.id/1195/6/20%20Arnaldo%20Masni%20Lova%201410013211060%20BAB%20IV.pdf http://repo.bunghatta.ac.id/1195/7/20%20Arnaldo%20Masni%20Lova%201410013211060%20BAB%20V.pdf http://repo.bunghatta.ac.id/1195/8/20%20Arnaldo%20Masni%20Lova%201410013211060%20Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.bunghatta.ac.id/1195/ |
contents |
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan banyaknya siswa yang melakukan
kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Untuk itu perlu dilakukan
analisis tentang tipe-tipe kesalahan yang dilakukan siswa serta mendiskripsikan
faktor penyebab siswa melakukan kesalahan tersebut. Analisis kesalahan Newman
adalah salah satu metode sederhana yang dapat digunakan untuk mengetahui
kesalahan dalam menyelesaikan permasalahan matematika.
Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah: 1) Bagaimana tipe-tipe kesalahan
yang dilakukan siswa kelas VII SMPN 6 Pariaman dalam menyelesaikan soal
cerita matematika berdasarkan prosedur Newman, 2) Apa faktor-faktor penyebab
siswa kelas VII SMPN 6 Pariaman melakukan kesalahan dalam menyelesaikan
soal cerita matematika berdasarkan prosedur Newman.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan menggunakan metode
metode penelitian kualitatif. Pupulasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII
SMPN 6 Pariaman. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling
dan terpilih kelas VII2 sebagai sampel penelitian. Intrumen penelitian berupa tes
dan wawancara.
Hasil penelitian ini menunjukan kesalahan yang dilakukan siswa dengan
sampel 17 orang siswa. Siswa melakukan kesalahan membaca (R) sebanyak
88,24%, kesalahan memahami (C) sebanyak 64,71%, kesalahan transformasi (T)
sebanyak 82,36%, kesalahan keterampilan proses (P) sebanyak 94,12%, dan
kesalahan penulisan jawaban akhir (E) sebanyak 100%. Faktor-faktor yang
menyebabkan siswa melakukan kesalahan dapat dikelompokan menjadi dua
kendala yaitu: l) permasalahan dalam kelancaran berbahasa dan konseptual yang
sesuai dengan tingkat membaca sederhana dan memaknai masalah, 2) masalah
dalam pengolahan matematika.
Dari hasil penelitian disarankan sebaiknya siswa dibiasakan untuk
menuliskan hal yang diketahui dan ditanyakan oleh soal dengan menggunakan konteks masalah soal cerita, memperbanyak latihan soal dan dibiasakan untuk
mengecek kembali jawaban sebelum dikumpulkan, serta dibiasakan untuk
menuliskan kesimpulan dari setiap soal dengan lengkap. Selain itu, sebaiknya
guru lebih mengaitkan materi pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari
sehingga mudah dipahami dan diingat. |
id |
IOS14200.1195 |
institution |
universitas bung hatta |
affiliation |
onesearch.perpusnas.go.id |
institution_id |
2476 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Bung Hatta |
library_id |
3754 |
collection |
Repository Universitas Bung Hatta |
repository_id |
14200 |
city |
KOTA PADANG |
province |
SUMATERA BARAT |
repoId |
IOS14200 |
first_indexed |
2020-10-01T00:28:04Z |
last_indexed |
2020-10-21T10:49:53Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686871793325834240 |
score |
17.538404 |