ctrlnum 1194
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repo.bunghatta.ac.id/1194/</relation><title>Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Snow Balling dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Padang</title><creator>Syukur, Hari Yondra P</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa yang kesulitan memahami materi, guru mendominasi kegiatan pembelajaran, siswa kurang berpartisipasi dalam proses pembelajaran, dan hasil belajar matematika siswa masih banyak yang kurang dari nilai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa dengan penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Snow Balling lebih baik dari hasil belajar matematika siswa dengan pembelajaran biasa pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Padang.&#xD; Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen dengan populasi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Padang tahun pelajaran 2018/2019 yang terdiri dari lima kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara acak dengan teknik Random Sampling, yang terpilih kelas VIII.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.5 sebagai kelas kontrol.&#xD; Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes akhir yang berbentuk uraian. Hipotesis penelitian adalah hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Snow Balling lebih baik dari hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran biasa pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Padang. Pengujian hipotesis terhadap data primer yang berupa hasil tes akhir dilakukan dengan menggunakan uji t-test pada taraf . Setelah dilakukan perhitungan diperoleh dan yang berarti . Dengan demikian hipotesis ditolak sehingga hipotesis pada penelitian ini diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Snow Balling lebih baik dari hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran biasa di kelas VIII SMP Negeri 3 Padang.&#xD; Berdasarkan hasil penelitian, penulis menyarankan agar guru menerapakan strategi yang bervariasi dalam pembelajaran matematika diantaranya strategi pembelajaran aktif tipe Snow Balling.</description><date>2020-09</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/1194/2/19%20Syukur%20Hari%20Yondra%20Putra%201310013211015%20Cover.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/1194/4/19%20Syukur%20Hari%20Yondra%20Putra%201310013211015%20Abstrak.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/1194/6/19%20Syukur%20Hari%20Yondra%20Putra%201310013211015%20BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/1194/8/19%20Syukur%20Hari%20Yondra%20Putra%201310013211015%20BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/1194/9/19%20Syukur%20Hari%20Yondra%20Putra%201310013211015%20BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/1194/10/19%20Syukur%20Hari%20Yondra%20Putra%201310013211015%20BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/1194/11/19%20Syukur%20Hari%20Yondra%20Putra%201310013211015%20BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/1194/13/19%20Syukur%20Hari%20Yondra%20Putra%201310013211015%20Daftar%20Pustaka.pdf</identifier><identifier> Syukur, Hari Yondra P (2020) Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Snow Balling dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta. </identifier><recordID>1194</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Syukur, Hari Yondra P
title Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Snow Balling dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Padang
publishDate 2020
isbn 2013100132110
topic L Education (General)
url http://repo.bunghatta.ac.id/1194/2/19%20Syukur%20Hari%20Yondra%20Putra%201310013211015%20Cover.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/1194/4/19%20Syukur%20Hari%20Yondra%20Putra%201310013211015%20Abstrak.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/1194/6/19%20Syukur%20Hari%20Yondra%20Putra%201310013211015%20BAB%20I.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/1194/8/19%20Syukur%20Hari%20Yondra%20Putra%201310013211015%20BAB%20II.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/1194/9/19%20Syukur%20Hari%20Yondra%20Putra%201310013211015%20BAB%20III.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/1194/10/19%20Syukur%20Hari%20Yondra%20Putra%201310013211015%20BAB%20IV.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/1194/11/19%20Syukur%20Hari%20Yondra%20Putra%201310013211015%20BAB%20V.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/1194/13/19%20Syukur%20Hari%20Yondra%20Putra%201310013211015%20Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/1194/
contents Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa yang kesulitan memahami materi, guru mendominasi kegiatan pembelajaran, siswa kurang berpartisipasi dalam proses pembelajaran, dan hasil belajar matematika siswa masih banyak yang kurang dari nilai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa dengan penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Snow Balling lebih baik dari hasil belajar matematika siswa dengan pembelajaran biasa pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Padang. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen dengan populasi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Padang tahun pelajaran 2018/2019 yang terdiri dari lima kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara acak dengan teknik Random Sampling, yang terpilih kelas VIII.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.5 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes akhir yang berbentuk uraian. Hipotesis penelitian adalah hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Snow Balling lebih baik dari hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran biasa pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Padang. Pengujian hipotesis terhadap data primer yang berupa hasil tes akhir dilakukan dengan menggunakan uji t-test pada taraf . Setelah dilakukan perhitungan diperoleh dan yang berarti . Dengan demikian hipotesis ditolak sehingga hipotesis pada penelitian ini diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Snow Balling lebih baik dari hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran biasa di kelas VIII SMP Negeri 3 Padang. Berdasarkan hasil penelitian, penulis menyarankan agar guru menerapakan strategi yang bervariasi dalam pembelajaran matematika diantaranya strategi pembelajaran aktif tipe Snow Balling.
id IOS14200.1194
institution universitas bung hatta
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
institution_id 2476
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Bung Hatta
library_id 3754
collection Repository Universitas Bung Hatta
repository_id 14200
city KOTA PADANG
province SUMATERA BARAT
repoId IOS14200
first_indexed 2020-10-01T00:28:04Z
last_indexed 2020-10-21T10:49:53Z
recordtype dc
_version_ 1686871793322688512
score 17.538404