Pengaruh Metode Pembelajaran Guide Note Taking terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas IX SMPN 3 Pariaman
ctrlnum |
1191 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repo.bunghatta.ac.id/1191/</relation><title>Pengaruh Metode Pembelajaran Guide Note Taking
terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa
Kelas IX SMPN 3 Pariaman</title><creator>Putri, Meliya</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Salah satu faktor penyebab hasil belajar siswa kelas IX SMPN 3 Pariaman rata-rata masih dalam predikat rendah adalah kurangnya pemahaman konsep matematika siswa. Partisipasi siswa dalam memperhatikan,mencatat,bertanya dan menjawab soal yang lebih bervariasi masih kurang.Untuk mengatasi hal tersebu tsala hsatu upaya
yang dilakukan adalah dengan menerapkan metode pembelajaran Guide NoteTaking.
Tujuan penelitian iniadalah membuktikan metode pembelajaran
Guide Note Taking ada pengaruhnya terhadap pemahaman konsep
matematika siswa kelas IX SMPN 3 Pariaman.Hipotesis dalam penelitian ini adalah Ada pengaruh metode Guide Note Taking terhadap
pemahaman konsep matematika siswa kelas IX SMPN 3 Pariaman.
Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Populasi dalam
penelitian adalah siswa kelas IX SMPN 3 Pariaman tahun pelajaran
2018/2019yangterdiridaritujuhkelas.Sampeldiambilsetelahdilakukan
ujinormalitas,ujihomogenitaspopulasidan ujikesamaan rata-rata.
Pemilihan sampel dilakukan dengan cara pengambilan 2 kelas yang
diambil berdasarkan saran dari guru bidang studi matematika kelas IX
yang mempunyai kesamaan rata-rata,dan kelas yang terpilih adalah
siswa kelas IX.2 sebagai kelas eksperimendan siswa kelas IX.3 sebagai kelas kontrol.
Variabel bebas dalam penelitian ini adalah perlakuan yang diberikan
pada kelas sampel penelitian yaitu penerapan metode pembelajaran
Guide Note Taking pada kelas eksperimen dan pembelajaran yang
menerapkan pembelajaran biasa pada kelas kontrol.Variabel terikat dalam penelitian iniadalah pemahaman konsep matematika siswa
setelah perlakuan diberikan.
Data hasil tes akhir siswa yang memuat indikator pemahaman
konsep pada kedua kelas sampel berdistribusi normal dan homogen.
Maka untuk menguji hipotesis digunakan rumust.Ujihipótesi shasil
belajar siswa dianalisis dengan menggunakan uji-t.Berdasarkanan alisis
data dengan perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung = 4,1939
sedangkan t tabel=1,6702 karena t hitung>t tabel maka hipotesi sH0 ditolak,
berarti hipotesis yang diterima adalah hipotesis H1.
Dengan demikian,hipotesis yang diajukan diterima yaitu bahwa
hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan
metode pembelajaran Guide Note Taking ada pengaruh terhadap
pemahaman konsep matematika siswa kelas IX SMPN 3 Pariaman.
Penulis menyarankan agarguru atau pembaca dapatmenggunakan
metode pembelajaran ini sebagai alternatif untuk menjadikan pemahaman
konsep dan hasil belajar matematika siswa menjadi lebih baik.</description><date>2020-09</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/1191/2/16%20Putri%20Meliya%201410013211017%20Cover.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/1191/4/16%20Putri%20Meliya%201410013211017%20Abstrak.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/1191/6/16%20Putri%20Meliya%201410013211017%20BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/1191/8/16%20Putri%20Meliya%201410013211017%20BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/1191/10/16%20Putri%20Meliya%201410013211017%20BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/1191/12/16%20Putri%20Meliya%201410013211017%20BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/1191/14/16%20Putri%20Meliya%201410013211017%20BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/1191/16/16%20Putri%20Meliya%201410013211017%20Daftar%20Pustaka.pdf</identifier><identifier> Putri, Meliya (2020) Pengaruh Metode Pembelajaran Guide Note Taking terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas IX SMPN 3 Pariaman. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta. </identifier><recordID>1191</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Putri, Meliya |
title |
Pengaruh Metode Pembelajaran Guide Note Taking
terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa
Kelas IX SMPN 3 Pariaman |
publishDate |
2020 |
isbn |
2014100132110 |
topic |
L Education (General) |
url |
http://repo.bunghatta.ac.id/1191/2/16%20Putri%20Meliya%201410013211017%20Cover.pdf http://repo.bunghatta.ac.id/1191/4/16%20Putri%20Meliya%201410013211017%20Abstrak.pdf http://repo.bunghatta.ac.id/1191/6/16%20Putri%20Meliya%201410013211017%20BAB%20I.pdf http://repo.bunghatta.ac.id/1191/8/16%20Putri%20Meliya%201410013211017%20BAB%20II.pdf http://repo.bunghatta.ac.id/1191/10/16%20Putri%20Meliya%201410013211017%20BAB%20III.pdf http://repo.bunghatta.ac.id/1191/12/16%20Putri%20Meliya%201410013211017%20BAB%20IV.pdf http://repo.bunghatta.ac.id/1191/14/16%20Putri%20Meliya%201410013211017%20BAB%20V.pdf http://repo.bunghatta.ac.id/1191/16/16%20Putri%20Meliya%201410013211017%20Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.bunghatta.ac.id/1191/ |
contents |
Salah satu faktor penyebab hasil belajar siswa kelas IX SMPN 3 Pariaman rata-rata masih dalam predikat rendah adalah kurangnya pemahaman konsep matematika siswa. Partisipasi siswa dalam memperhatikan,mencatat,bertanya dan menjawab soal yang lebih bervariasi masih kurang.Untuk mengatasi hal tersebu tsala hsatu upaya
yang dilakukan adalah dengan menerapkan metode pembelajaran Guide NoteTaking.
Tujuan penelitian iniadalah membuktikan metode pembelajaran
Guide Note Taking ada pengaruhnya terhadap pemahaman konsep
matematika siswa kelas IX SMPN 3 Pariaman.Hipotesis dalam penelitian ini adalah Ada pengaruh metode Guide Note Taking terhadap
pemahaman konsep matematika siswa kelas IX SMPN 3 Pariaman.
Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Populasi dalam
penelitian adalah siswa kelas IX SMPN 3 Pariaman tahun pelajaran
2018/2019yangterdiridaritujuhkelas.Sampeldiambilsetelahdilakukan
ujinormalitas,ujihomogenitaspopulasidan ujikesamaan rata-rata.
Pemilihan sampel dilakukan dengan cara pengambilan 2 kelas yang
diambil berdasarkan saran dari guru bidang studi matematika kelas IX
yang mempunyai kesamaan rata-rata,dan kelas yang terpilih adalah
siswa kelas IX.2 sebagai kelas eksperimendan siswa kelas IX.3 sebagai kelas kontrol.
Variabel bebas dalam penelitian ini adalah perlakuan yang diberikan
pada kelas sampel penelitian yaitu penerapan metode pembelajaran
Guide Note Taking pada kelas eksperimen dan pembelajaran yang
menerapkan pembelajaran biasa pada kelas kontrol.Variabel terikat dalam penelitian iniadalah pemahaman konsep matematika siswa
setelah perlakuan diberikan.
Data hasil tes akhir siswa yang memuat indikator pemahaman
konsep pada kedua kelas sampel berdistribusi normal dan homogen.
Maka untuk menguji hipotesis digunakan rumust.Ujihipótesi shasil
belajar siswa dianalisis dengan menggunakan uji-t.Berdasarkanan alisis
data dengan perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung = 4,1939
sedangkan t tabel=1,6702 karena t hitung>t tabel maka hipotesi sH0 ditolak,
berarti hipotesis yang diterima adalah hipotesis H1.
Dengan demikian,hipotesis yang diajukan diterima yaitu bahwa
hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan
metode pembelajaran Guide Note Taking ada pengaruh terhadap
pemahaman konsep matematika siswa kelas IX SMPN 3 Pariaman.
Penulis menyarankan agarguru atau pembaca dapatmenggunakan
metode pembelajaran ini sebagai alternatif untuk menjadikan pemahaman
konsep dan hasil belajar matematika siswa menjadi lebih baik. |
id |
IOS14200.1191 |
institution |
universitas bung hatta |
affiliation |
onesearch.perpusnas.go.id |
institution_id |
2476 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Bung Hatta |
library_id |
3754 |
collection |
Repository Universitas Bung Hatta |
repository_id |
14200 |
city |
KOTA PADANG |
province |
SUMATERA BARAT |
repoId |
IOS14200 |
first_indexed |
2020-10-01T00:28:04Z |
last_indexed |
2020-10-21T10:49:53Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686871793306959872 |
score |
17.538404 |