ctrlnum 1191
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repo.bunghatta.ac.id/1191/</relation><title>Pengaruh Metode Pembelajaran Guide Note Taking&#xD; terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa&#xD; Kelas IX SMPN 3 Pariaman</title><creator>Putri, Meliya</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Salah satu faktor penyebab hasil belajar siswa kelas IX SMPN 3 Pariaman rata-rata masih dalam predikat rendah adalah kurangnya pemahaman konsep matematika siswa. Partisipasi siswa dalam memperhatikan,mencatat,bertanya dan menjawab soal yang lebih bervariasi masih kurang.Untuk mengatasi hal tersebu tsala hsatu upaya&#xD; yang dilakukan adalah dengan menerapkan metode pembelajaran Guide NoteTaking.&#xD; Tujuan penelitian iniadalah membuktikan metode pembelajaran&#xD; Guide Note Taking ada pengaruhnya terhadap pemahaman konsep&#xD; matematika siswa kelas IX SMPN 3 Pariaman.Hipotesis dalam penelitian ini adalah Ada pengaruh metode Guide Note Taking terhadap&#xD; pemahaman konsep matematika siswa kelas IX SMPN 3 Pariaman.&#xD; Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Populasi dalam&#xD; penelitian adalah siswa kelas IX SMPN 3 Pariaman tahun pelajaran&#xD; 2018/2019yangterdiridaritujuhkelas.Sampeldiambilsetelahdilakukan&#xD; ujinormalitas,ujihomogenitaspopulasidan ujikesamaan rata-rata.&#xD; Pemilihan sampel dilakukan dengan cara pengambilan 2 kelas yang&#xD; diambil berdasarkan saran dari guru bidang studi matematika kelas IX&#xD; yang mempunyai kesamaan rata-rata,dan kelas yang terpilih adalah&#xD; siswa kelas IX.2 sebagai kelas eksperimendan siswa kelas IX.3 sebagai kelas kontrol.&#xD; Variabel bebas dalam penelitian ini adalah perlakuan yang diberikan&#xD; pada kelas sampel penelitian yaitu penerapan metode pembelajaran&#xD; Guide Note Taking pada kelas eksperimen dan pembelajaran yang&#xD; menerapkan pembelajaran biasa pada kelas kontrol.Variabel terikat dalam penelitian iniadalah pemahaman konsep matematika siswa&#xD; setelah perlakuan diberikan.&#xD; Data hasil tes akhir siswa yang memuat indikator pemahaman&#xD; konsep pada kedua kelas sampel berdistribusi normal dan homogen.&#xD; Maka untuk menguji hipotesis digunakan rumust.Ujihip&#xF3;tesi shasil&#xD; belajar siswa dianalisis dengan menggunakan uji-t.Berdasarkanan alisis&#xD; data dengan perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung = 4,1939&#xD; sedangkan t tabel=1,6702 karena t hitung&gt;t tabel maka hipotesi sH0 ditolak,&#xD; berarti hipotesis yang diterima adalah hipotesis H1.&#xD; Dengan demikian,hipotesis yang diajukan diterima yaitu bahwa&#xD; hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan&#xD; metode pembelajaran Guide Note Taking ada pengaruh terhadap&#xD; pemahaman konsep matematika siswa kelas IX SMPN 3 Pariaman.&#xD; Penulis menyarankan agarguru atau pembaca dapatmenggunakan&#xD; metode pembelajaran ini sebagai alternatif untuk menjadikan pemahaman&#xD; konsep dan hasil belajar matematika siswa menjadi lebih baik.</description><date>2020-09</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/1191/2/16%20Putri%20Meliya%201410013211017%20Cover.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/1191/4/16%20Putri%20Meliya%201410013211017%20Abstrak.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/1191/6/16%20Putri%20Meliya%201410013211017%20BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/1191/8/16%20Putri%20Meliya%201410013211017%20BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/1191/10/16%20Putri%20Meliya%201410013211017%20BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/1191/12/16%20Putri%20Meliya%201410013211017%20BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/1191/14/16%20Putri%20Meliya%201410013211017%20BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/1191/16/16%20Putri%20Meliya%201410013211017%20Daftar%20Pustaka.pdf</identifier><identifier> Putri, Meliya (2020) Pengaruh Metode Pembelajaran Guide Note Taking terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas IX SMPN 3 Pariaman. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta. </identifier><recordID>1191</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Putri, Meliya
title Pengaruh Metode Pembelajaran Guide Note Taking terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas IX SMPN 3 Pariaman
publishDate 2020
isbn 2014100132110
topic L Education (General)
url http://repo.bunghatta.ac.id/1191/2/16%20Putri%20Meliya%201410013211017%20Cover.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/1191/4/16%20Putri%20Meliya%201410013211017%20Abstrak.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/1191/6/16%20Putri%20Meliya%201410013211017%20BAB%20I.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/1191/8/16%20Putri%20Meliya%201410013211017%20BAB%20II.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/1191/10/16%20Putri%20Meliya%201410013211017%20BAB%20III.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/1191/12/16%20Putri%20Meliya%201410013211017%20BAB%20IV.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/1191/14/16%20Putri%20Meliya%201410013211017%20BAB%20V.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/1191/16/16%20Putri%20Meliya%201410013211017%20Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/1191/
contents Salah satu faktor penyebab hasil belajar siswa kelas IX SMPN 3 Pariaman rata-rata masih dalam predikat rendah adalah kurangnya pemahaman konsep matematika siswa. Partisipasi siswa dalam memperhatikan,mencatat,bertanya dan menjawab soal yang lebih bervariasi masih kurang.Untuk mengatasi hal tersebu tsala hsatu upaya yang dilakukan adalah dengan menerapkan metode pembelajaran Guide NoteTaking. Tujuan penelitian iniadalah membuktikan metode pembelajaran Guide Note Taking ada pengaruhnya terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas IX SMPN 3 Pariaman.Hipotesis dalam penelitian ini adalah Ada pengaruh metode Guide Note Taking terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas IX SMPN 3 Pariaman. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas IX SMPN 3 Pariaman tahun pelajaran 2018/2019yangterdiridaritujuhkelas.Sampeldiambilsetelahdilakukan ujinormalitas,ujihomogenitaspopulasidan ujikesamaan rata-rata. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara pengambilan 2 kelas yang diambil berdasarkan saran dari guru bidang studi matematika kelas IX yang mempunyai kesamaan rata-rata,dan kelas yang terpilih adalah siswa kelas IX.2 sebagai kelas eksperimendan siswa kelas IX.3 sebagai kelas kontrol. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah perlakuan yang diberikan pada kelas sampel penelitian yaitu penerapan metode pembelajaran Guide Note Taking pada kelas eksperimen dan pembelajaran yang menerapkan pembelajaran biasa pada kelas kontrol.Variabel terikat dalam penelitian iniadalah pemahaman konsep matematika siswa setelah perlakuan diberikan. Data hasil tes akhir siswa yang memuat indikator pemahaman konsep pada kedua kelas sampel berdistribusi normal dan homogen. Maka untuk menguji hipotesis digunakan rumust.Ujihipótesi shasil belajar siswa dianalisis dengan menggunakan uji-t.Berdasarkanan alisis data dengan perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung = 4,1939 sedangkan t tabel=1,6702 karena t hitung>t tabel maka hipotesi sH0 ditolak, berarti hipotesis yang diterima adalah hipotesis H1. Dengan demikian,hipotesis yang diajukan diterima yaitu bahwa hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan metode pembelajaran Guide Note Taking ada pengaruh terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas IX SMPN 3 Pariaman. Penulis menyarankan agarguru atau pembaca dapatmenggunakan metode pembelajaran ini sebagai alternatif untuk menjadikan pemahaman konsep dan hasil belajar matematika siswa menjadi lebih baik.
id IOS14200.1191
institution universitas bung hatta
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
institution_id 2476
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Bung Hatta
library_id 3754
collection Repository Universitas Bung Hatta
repository_id 14200
city KOTA PADANG
province SUMATERA BARAT
repoId IOS14200
first_indexed 2020-10-01T00:28:04Z
last_indexed 2020-10-21T10:49:53Z
recordtype dc
_version_ 1686871793306959872
score 17.538404