Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar matematika yang berdasarkan persentase nilai siswa kelas XI IIS SMAN 13 Padang Tahun Pelajaran 2018/2019 pada Ujian Matematika Akhir Semester Kelas X IIS SMAN 13 Padang Tahun Pelajaran 2017/2018 masih di bawah nilai KKM. Rendahnya hasil belajar matematika siswa ini disebabkan siswa kurang aktif saat proses pembelajaran matematika, proses berfikir siswa belum optimal dalam pembelajaran matematika dan kesulitan siswa dalam memahami konsep matematika. Untuk mengatasi masalah tersebut, salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menerapkan model pembelajaran inovatif teknik Probing-Prompting. Dengan diterapkannya model ini, diharapkan dapat meningkatkan kemampuan pemahaman siswa terhadap konsep-konsep matematika. Tujuan penelitian ini adalah untpuk membuktikan penerapan model pembelajaran inovatif teknik Probing-Prompting dapat berdampak pada pemahaman konsep matematika siswa kelas XI IIS SMAN. Hipotesis dalam penelitian ini adalah pemahaman konsep matematis siswa yang menerapkan model pembelajaran inovatif teknik Probing-Prompting lebih baik dari pemahaman konsep matematis siswa yang menerapkan pembelajaran biasa pada kelas XI IIS SMAN 13 Padang Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas XI IIS SMAN 13 Padang Tahun Pelajaran 2018/2019 yang terdiri dari tiga kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IIS 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IIS 1 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan analisis data tes pemahaman konsep siswa pada kelas sampel, pengujian hipotesis dilakukan dengan uji perbedaan rata-rata pada taraf kepercayaan . Dari hasil perhitungan diperoleh thitung = 3.63 dan t(0.9555) = 1.6725 maka thitung > t(0.95 ; 55), sehingga hipotesis penelitian diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematis siswa yang menerapkan model pembelajaran inovatif teknik Probing-Prompting lebih baik dari pemahaman konsep matematis siswa yang menerapkan pembelajaran biasa pada kelas XI IIS SMAN 13 Padang. Dari hasil penelitian ini, peneliti menyarankan agar guru matematika dan pembaca dapat menerapkan model pembelajaran inovatif teknik Probing-Prompting ini sebagai salah satu alternatif meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa.