ctrlnum 112
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repo.bunghatta.ac.id/112/</relation><title>PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS CONTEXSTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK KELAS IV DI SD NEGERI 22 KURANJI</title><creator>Muthyara, Daryus</creator><creator>Wince, Hendri</creator><creator>Ira, Rahmayuni Jusar</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan mengembangkan modul pembelajaran IPA berbasis Contexstual Teaching and Learning (CTL) untuk kelas IV di SD Negeri 22 Kuranji yang valid dan praktis. Jenis penelitian yang digunakan adalah pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan modivikasi model 3-D yaitu terdiri dari tahap define, design, and development. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Validator angket terdiri dari 1 orang dosen validator materi, 1 orang dosen validator desain dan 1 orang dosen validator bahasa. Berdasarkan hasil penelitian, validasi modul yang dilakukan dari aspek materi IPA memperoleh penilaian 3,20, dari aspek tampilan memperoleh penilaian 3,83 dan dari aspek bahasa memperoleh penilaian 4,00. Dilihat rata-rata skor penilaian modul pembelajaran IPA berbasis CTL yang memperoleh secara keseluruhan yaitu 3,67 dengan kategori sangat valid. Sedangkan uji praktikalitas terdiri dari 1 orang guru dan 23 orang siswa . dari hasil praktikalitas oleh guru memperoleh presentase hasil 83,85% dengan kategori praktis dan dari hasil praktikalitas oleh siswa diperoleh presentase hasil 82,26% dengan kategori praktis. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran IPA berbasis CTL yang dihasilkan sangat valid dan praktis digunakan dalam pembelajaran IPA sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran IPA dikelas IV SD.&#xD; &#xD; Kata kunci : Pengembangan Modul, Contexstual Teaching and Learning, IPA</description><date>2020-06</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/112/3/57%20MUTHYARA%20DARYUS%201610013411062%20Cover.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/112/2/57%20MUTHYARA%20DARYUS%201610013411062%20Abstrak.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/112/4/57%20MUTHYARA%20DARYUS%201610013411062%20BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/112/5/57%20MUTHYARA%20DARYUS%201610013411062%20BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/112/6/57%20MUTHYARA%20DARYUS%201610013411062%20BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/112/7/57%20MUTHYARA%20DARYUS%201610013411062%20BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/112/8/57%20MUTHYARA%20DARYUS%201610013411062%20BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/112/9/57%20MUTHYARA%20DARYUS%201610013411062%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Muthyara, Daryus and Wince, Hendri and Ira, Rahmayuni Jusar (2020) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS CONTEXSTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK KELAS IV DI SD NEGERI 22 KURANJI. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta. </identifier><recordID>112</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Muthyara, Daryus
Wince, Hendri
Ira, Rahmayuni Jusar
title PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS CONTEXSTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK KELAS IV DI SD NEGERI 22 KURANJI
publishDate 2020
isbn 2016100134110
topic L Education (General)
url http://repo.bunghatta.ac.id/112/3/57%20MUTHYARA%20DARYUS%201610013411062%20Cover.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/112/2/57%20MUTHYARA%20DARYUS%201610013411062%20Abstrak.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/112/4/57%20MUTHYARA%20DARYUS%201610013411062%20BAB%20I.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/112/5/57%20MUTHYARA%20DARYUS%201610013411062%20BAB%20II.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/112/6/57%20MUTHYARA%20DARYUS%201610013411062%20BAB%20III.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/112/7/57%20MUTHYARA%20DARYUS%201610013411062%20BAB%20IV.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/112/8/57%20MUTHYARA%20DARYUS%201610013411062%20BAB%20V.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/112/9/57%20MUTHYARA%20DARYUS%201610013411062%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/112/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan mengembangkan modul pembelajaran IPA berbasis Contexstual Teaching and Learning (CTL) untuk kelas IV di SD Negeri 22 Kuranji yang valid dan praktis. Jenis penelitian yang digunakan adalah pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan modivikasi model 3-D yaitu terdiri dari tahap define, design, and development. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Validator angket terdiri dari 1 orang dosen validator materi, 1 orang dosen validator desain dan 1 orang dosen validator bahasa. Berdasarkan hasil penelitian, validasi modul yang dilakukan dari aspek materi IPA memperoleh penilaian 3,20, dari aspek tampilan memperoleh penilaian 3,83 dan dari aspek bahasa memperoleh penilaian 4,00. Dilihat rata-rata skor penilaian modul pembelajaran IPA berbasis CTL yang memperoleh secara keseluruhan yaitu 3,67 dengan kategori sangat valid. Sedangkan uji praktikalitas terdiri dari 1 orang guru dan 23 orang siswa . dari hasil praktikalitas oleh guru memperoleh presentase hasil 83,85% dengan kategori praktis dan dari hasil praktikalitas oleh siswa diperoleh presentase hasil 82,26% dengan kategori praktis. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran IPA berbasis CTL yang dihasilkan sangat valid dan praktis digunakan dalam pembelajaran IPA sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran IPA dikelas IV SD. Kata kunci : Pengembangan Modul, Contexstual Teaching and Learning, IPA
id IOS14200.112
institution universitas bung hatta
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
institution_id 2476
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Bung Hatta
library_id 3754
collection Repository Universitas Bung Hatta
repository_id 14200
city KOTA PADANG
province SUMATERA BARAT
repoId IOS14200
first_indexed 2020-07-23T08:04:58Z
last_indexed 2020-07-23T08:04:58Z
recordtype dc
_version_ 1686871786265772032
score 17.538404