Daftar Isi:
  • Minat belajar merupakansalahsatufaktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar biologisiswa. Penelitianinibertujuanuntukmenganalisis hubungan antara minat belajar siswa dengan hasil belajar biologisiswakelas XI IPA MAN Padusunan Kota Pariaman. Jenispenelitianadalahdeskriptifkuantitatifdengan pendekatankorelasional. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA MAN Padusunan Kota Pariaman, maka teknik yang digunakan pada penelitian ini adalah total sampling. Pengumpulan data menggunakan angket minat belajar siswa dan hasil belajar biologi diperoleh dari nilai UAS Semester Ganjil Tahun Ajaran 2017/2018. Pengujian hipotesis menggunakan teknik korelasi Product Momentdengan taraf signifikansi α=5%. Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara minat belajar dan hasil belajar dengan nilai rhitung =0,066 lebih dari nilai rtabel =0,2816. Hasil uji korelasi diperoleh nilai rhitung = 0,066 lebih kecil dari nilai rtabel= 0,2816, dan nilai signifikan 0,654 lebih besar dari 0,05 yang berarti tidak terdapat hubungan yang signifikan antara minat belajar dengan hasil belajar biologi siswa. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara minat belajar dan hasil belajar Biologi siswa kelas XI IPA MAN Padusunan Kota Pariaman. Kata Kunci:minat belajar, hasilbelajar, validitas, reliabilitas