Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan hasil belajar biologi dengan penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw dan Grup Investigation (GI) pada siswa kelas X MIPA SMAN 1 Nan Sabaris Kabupaten Padang Pariaman. Jenis penelitian adalah eksperimen dengan rancangan penelitian Two Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 1 Nan Sabaris Tahun Pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 101 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, kemudian dilakukan pencabutan lot dan terpilih kelas X.2 sebagai kelas eksperimen I dan X.3 sebagai kelas eksperimen II. Setelah dilakukan analisis data diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen I adalah 87,52 dan 88,67 pada kelas eksperimen II dengan indeks N-gain kelas eksperimen I (0,77) pada kelas eksperimen II (0,78) dengan kriteria sama-sama tinggi. Nilai rata-rata afektif kelas eksperimen I (3.55) lebih rendah dari nilai rata-rata kelas eksperimen II (3,60) keduanya berkriteria baik, data dalam penelitian ini adalah data primer yang berupa hasil tes akhir selanjutnya diolah dengan uji hipotesis. Dari analisis data diporoleh harga thitung dibandingkan dengan ttabel dengan dk n1 + n2 – 2 = 33 + 36 - 2 = 67 dengan taraf α= 0,05 diperoleh ttabel = 1,668 dan thitung = 0,5639 hal ini berarti thitung< ttabel dengan demikian H0 diterima dan H1 ditolak Hal ini menunjukkan Tidak terdapatperbedaan hasil belajar biologi antarametodepembelajaran kooperatifTipe GroupInvestigation(GI),danTipe Jigsaw terhadaphasil belajar siswa kelas XMIPApada Mata Pelajaran Biologi semester GenapdiSMAN 1 Nan Sabaris Kabupaten Padang Pariaman. Katakunci : Model pembelajaran kooperatif , Jigsaw,Grup Investigation , hasil belajar