Organizational Citizenship Behavior Yang Berpengaruh Pada Kinerja Karyawan Dan Kepuasan Konsumen Di Hotel Sheraton Surabaya

Main Authors: Gunawan, Johana Susanti, Solang, Pinkan Datun
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa , 2013
Subjects:
Online Access: http://studentjournal.petra.ac.id/index.php/manajemen-perhotelan/article/view/961
http://studentjournal.petra.ac.id/index.php/manajemen-perhotelan/article/view/961/861
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh Organizational Citizenship Behavior terhadap kinerja karyawan, mengetahui pengaruh Organizational Citizenship Behavior terhadap kepuasan konsumen, dan mengetahui pengaruh kinerja karyawan terhadap kepuasan konsumen. Sampel penelitian adalah seluruh karyawan tetap divisi Front Office hotel Sheraton Surabaya dengan jumlah 34 orang. Penelitian ini menggunakan teknik analisis Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa OCB berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Karyawan dan Kepuasan Konsumen. Semakin tinggi OCB, maka semakin tinggi pula Kinerja Karyawan dan Kepuasan Konsumen. Selain itu, Kinerja Karyawan juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Konsumen, semakin bagus kinerja karyawan, maka konsumen akan semakin puas.