PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN TIVOLI CLUB HOUSE SIDOARJO DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL PERANTARA
Main Authors: | felix, ryan, ratag, yuvito sandytia, Andreani, Fransisca |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://studentjournal.petra.ac.id/index.php/manajemen-perhotelan/article/view/4165 http://studentjournal.petra.ac.id/index.php/manajemen-perhotelan/article/view/4165/3816 |
Daftar Isi:
- Seiring dengan berkembangnya dunia pemasaran saat ini dengan semakin ketatnya persaingan, para pesaing industri menyadari bahwa pelanggan merupakan aset paling berharga untuk kelangsungan perusahaan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara Customer Relationship Management berdasarkan tiga aspek yaitu Continuity Marketing, One to One Marketing, dan Partnering Program terhadap loyalitas pelanggan dengan kepuasan sebagai perantara. Structural Equation Modeling (SEM) dengan metode Partial Least Square digunakan dalam penelitian ini. Hasil dari penelitian ini adalah Continuity Marketing dan One to One marketing memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan dan loyalitas dari para pelanggan. Sedangkan Partnering Program tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan, akan tetapi memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan.