Optimalisasi Desain Promosi Media Sosial dan Manajemen Pemasaran Usaha Klub Parfum di Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang

Main Authors: Surip, M., W, Elly Prihasti , SN, Raden Burhan
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai , 2020
Subjects:
Online Access: https://abdidas.org/index.php/abdidas/article/view/170
https://abdidas.org/index.php/abdidas/article/view/170/125
Daftar Isi:
  • Club Perfume Tembung dan Bandar Klippa ini unit usaha bidang wewangian di jalan Medan – Batang Kuis. Unit usaha ini fokus pada isi ulang (refill) minyak wangi. Kedua unit usaha ini memiliki masalah manajemen pemasaran produk yang disebabkan menjamurnya toko parfum, menurunnya daya beli karena wabah virus COVID-19, dan kurang optimalnya penggunaan media sosial dalam menjalin relasi dengan kostumer. Oleh karena itu, diperlukan pengelolahan dan promosi untuk meningkatan daya saing. Metode pelaksanannya yang digunakan yaitu dengan pengamatan langsung serta observasi melalui wawancara dengan mitra terkait kondisi yang terjadi. Selanjutnya menganalisis masalah lalu menentukan solusi yang akan dibuat. Solusi yang diusulkan oleh pengabdi adalah perubahan pola pemasaaran konvensional dan online yang berfungsi untuk mengumpulkan (collect) data konsumen/pelanggan. Kemudian pengoptimalan 2 channel marketing yakni email dan media sosial Instagram untuk menjalin hubungan kedekatan dengan kostumer. Marketing online berupa desain konten visual multimedia. Hasil diperoleh luaran bentuk komunikasi visual yang diunggah di dua channel tersebut dan juga materi bundling yang memanfaatkan situasi terkini: Stay At Home.