ANALISIS EFEKTIVITAS WAKTU EVAKUASI PADA SHELTER TERMINAL 3 SKYTRAIN (KERETA LAYANG) BANDARA INTERNASIONAL SOEKARNO-HATTA
Main Authors: | Handoko, Sasqiya Putri, Destiana , Setyo Oktaria, Dhina |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Pusat PPM Politeknik Penerbangan Makassar, Indonesia
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://jurnal.atkp-makassar.ac.id/index.php/airman-journal/article/view/45 http://jurnal.atkp-makassar.ac.id/index.php/airman-journal/article/view/45/43 |
Daftar Isi:
- The purpose of this study was to analyze the passenger evacuation in the 3 skytrain terminal shelter and to determine the passenger capacity at the terminal shelter. Among the four terminals at this airport there are terminals that have a level of passenger mobility which is categorized quite dense. So that the implementation will appear various kinds of obstacles that may occur. One of them is an accident during operation. So the need for an evacuation process in accordance with the evacuation rules. It also resulted in the need for guidelines in conducting the evacuation process such as how long it would take for the evacuation process. This research method uses quantitative descriptive approach. The results of the study concluded that the effectiveness of the evacuation time required from the platform area to the concourse had met the standard. It's just that the effectiveness of the evacuation from the platform to the safe area has not met because it exceeds the standard with a time of 7.36 minutes real time in the field
- Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis alur evakuasi penumpang di shelter teminal 3 skytrain dan mengetahui kapasitas penumpang di shelter terminal 3. Bandara Soekarno Hatta memiliki 4 terminal, diantara keempat terminal di bandara ini terdapat terminal yang memiliki tingkat mobilitas penumpang yang dikategorikan cukup padat. Sehingga dalam pelaksaannya akan muncul berbagai macam kendala yang mungkin terjadi. Salah satunya ialah terjadi kecelakaan saat pengoperasian. Sehingga dibutuhkannya proses evakuasi yang sesuai dengan aturan evakuasi. Hal tersebut juga mengakibatkan diperlukannya pedoman dalam melakukan proses evakuasi seperti seberapa lama waktu yang dibutuhkan untuk proses evakuasi tersebut. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuanlitatif. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa efektivitas waktu evakuasi yang dibutuhkan dari area platform menuju concourse sudah memenuhi standar. Hanya saja waktu efektivitas evakuasi dari area platform menuju area aman belum memenuhi karena melebihi standar dengan waktu sebesar 7,36 menit waktu real dilapangan.