Utilization Of Social Community as Learning Resources On Social Studies

Main Authors: Syaharuddin, Syaharuddin, Rahman, Akhmad Munaya, Fitriyani, Ridha
Format: Article info Qualitative application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Pendidikan IPS , 2019
Subjects:
Online Access: https://ppjp.ulm.ac.id/journals/index.php/kss/article/view/1253
https://ppjp.ulm.ac.id/journals/index.php/kss/article/view/1253/1111
Daftar Isi:
  • Kondisi sosial budaya masyarakat Banjar memiliki potensi terhadap pengembangan bahan ajar dalam pembelajaran IPS. Kondisi ini belum sepenuhnya dimanfaatkan oleh guru IPS di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan guru IPS dalam mendesain pembelajaran IPS dengan memanfaatkan lingkungan sosial budaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik Pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mengacu pada model Milles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Uji keabsahan data dilakukan mellaui triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses perencanaan pembelajaran IPS dengan memanfaatkan lingkungan sosial dan budaya sebagai sumber belajar dimulai dengan menyiapkan silabus terlebih dahulu sebagai acuan dalam penyusunan. Selanjutnya menentukan tujuan pembelajaran yang dapat diukur dengan kata kerja operasional. Kemudian mengidentifikasi lingkungan sosial dan budaya sebagai sumber belajar yang sesuai dengan materi pembelajaran. Pemanfaatan lingkungan sosial budaya ke dalam perencanaan pembelajaran IPS menyajikan berbagai hal yang dapat memperkaya pengetahuan peserta didik dan tidak terbatas oleh dinding kelas.