HUBUNGAN METODE BERCAKAP-CAKAP DAN METODE BERCERITA DENGAN KEMAMPUAN BERBICARA PADA ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK TERATAI KOTA MAKASSAR TAHUN 2016

Main Author: -, rusmayadi
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo , 2020
Subjects:
Online Access: https://ejournal-fip-ung.ac.id/ojs/index.php/pedagogika/article/view/40
https://ejournal-fip-ung.ac.id/ojs/index.php/pedagogika/article/view/40/30
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan metode bercakap-cakap dan metode bercerita dengan kemampuan berbicara anak taman kanak-kanak. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Variabel dalam penelitian ini yaitu metode bercakap-cakap dan metode berbicara sebagai variabel bebas dan kemampuan berbicara sebagai variabel terikat. Populasi dan sampel yang digunakan sebanyak  40 orang dalam kelas yang berbeda.Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu teknik observasi dan teknik dokumentasi. Data diperoleh melalui instrument observasi dengan alat check list dan dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik nonparametrik. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa metode bercakap dan metode bercerita mempunyai hubungan positif yang signifikan dengan kemampuan berbicara anak taman kanak-kanak.  Berdasarkan hasil penelitian ini maka disarankan kepada semua Taman Kanak-kanak  untukmenggunakan metode bercakap-cakap dan metode bercerita untuk mengembangkan kemampuan berbicara anak.