MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI PEMADUAN MODEL PICTURE AND PICTURE DAN PERMAINAN KARTU HURUF PADA SISWA KELAS I SDN 2 BULANGO UTARA KABUPATEN BONE BOLANGO

Main Author: Badu, Ruslin W.
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo , 2019
Subjects:
Online Access: https://ejournal-fip-ung.ac.id/ojs/index.php/pedagogika/article/view/36
https://ejournal-fip-ung.ac.id/ojs/index.php/pedagogika/article/view/36/20
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan Untuk Mengetahui  (1) Model pembelajaran  picture and picture dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan, 2) Untuk Mengetahui  penerapan permainan kartu huruf dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan, 3) Untuk Mengetahui  model picture and picture dan permainan kartu huruf dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Sebagai kesimpulan dari penelitian ini adalah: Hasil Penelitian pada observasi awal  meningkat pada siklus I  tetapi belum mencapai criteria ketuntasa,  pada siklus II meningkat dan mencapai criteria ketuntasan. Hasil pengamatan akvitas siswa dalam pembelajaran  siklus I pada kriteria sangat baik dan baik belum mencapai, pada siklus II mencapai ketuntasan,  Hasil pengamatan kegiatan guru dalam pembelajaran. Pada siklus I kriteria sangat baik dan baik  belum mencapai pada siklus II mencapai ketuntasan. Berdasarkan hasil capaian dinyatakan bahwa kriteria tuntas atau indikator tercapai.