MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) DI SMP NEGERI 1 PAYUNG
Main Author: | Sitepu, Susanna Br |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
JURNAL HANDAYANI PGSD FIP UNIMED
, 2017
|
Online Access: |
http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/handayani/article/view/4876 http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/handayani/article/view/4876/4289 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektifitas pembelajaran siswa yang mencakup hasil belajar afektif dan ketrampilan belajar siswa. Subjek penelitian berjumlah 28 orang. Tes hasil Pretes dengan rata-rata 48,5. Tes formatif I dan formatif II hasilnya masing-masing menunjukkan rata-rata 71,4 dan 86,4. Data afektif siswa pada siklus I antara lain kejujuran (56%), disiplin (61%), tanggung jawab (61%), ketelitian (59%), dan kerjasama (59%). Pada siklus II, kejujuran (92%), disiplin (94%), tanggung jawab (94%), ketelitian (92%), dan kerjasama (92%). Data ketrampilan belajar siswa pada siklus I antara lain mengamati (58%), mengumpulkan data (61%), menganalisis (59%), menginterprestasi (59%), dan mengkomunikasikan hasil (63%). Pada siklus II, mengamati (92%), mengumpulkan data (93%), menganalisis (90%), menginterprestasi (89%), dan mengkomunikasikan hasil (90%). Kata Kunci : Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning, Hasil Belajar Kognitif dan Afektif, Ketrampilan Belajar