PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DALAM PERBAIKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI POKOK BANGUN RUANG SISI LENGKUNG DI KELAS IX-4 SMP NEGERI 7 MEDAN
Main Author: | Khalik, Akhmad Idham |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
JURNAL HANDAYANI PGSD FIP UNIMED
, 2016
|
Online Access: |
http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/handayani/article/view/4248 http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/handayani/article/view/4248/3722 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar serta aktivitas belajar. Subjek penelitian berjumlah 30 orang. Hasil penelitian yakni : 1) Hasil belajar siswa pada Formatif I dan II 14 orang siswa tuntas , sedangkan kelas tidak tuntas. Pada Siklus II, tuntas sebanyak 26 orang siswa, sedangkan kelas adalah tuntas dengan rata-rata siklus I dan siklus II adalah 71 dan 81 dan persentase ketuntasan klasikal adalah 46,7% pada siklus I dan 86,7% pada siklus II; 2) Aktivitas mengerjakan LKS (47% siklus I menjadi 52,5% siklus II), aktivitas bertanya pada teman ( 10,5% siklus I menjadi 14,5% siklus II), aktivitas menjawab pertanyaan teman (10,5% siklus I menjadi 14,5% siklus II). Serta aktivitas bertanya pada guru (15,5% siklus I menjadi 10% siklus II) dan aktivitas yang tidak relevan dengan KBM (16,5 siklus I menjadi 8,5 siklus II). Kata Kunci : Pembelajaran Matematika, Think-Pair-Share