MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT PADA PELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI 010086 KISARAN

Main Author: Bukit, Herawati
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: JURNAL HANDAYANI PGSD FIP UNIMED , 2016
Online Access: http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/handayani/article/view/4244
http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/handayani/article/view/4244/3718
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah PTK dengan subjek penelitian berjumlah 32 orang. Hasil belajar siswa sebelum tindakan yaitu 3 siswa tuntas dan 29 siswa belum tuntas dengan persentase klasikal adalah 9,3% pada pre-test, Post-test Siklus I yaitu 15 siswa tuntas dan 17 siswa belum tuntas dengan persentase 46,87%, pada post-test siklus II yaitu 28 siswa tuntas dan 4 siswa tidak tuntas dengan persentase 87,5% . Rata-rata hasil observasi siswa aspek afektif dan psikomotor pada siklus I sebesar 35,93% dengan kategori tidak partisipatif dan pada siklus II sebesar 84,37% dengan kategori sangat partispatif. Kata Kunci : Teams Games Tournament, Hasil Belajar