PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR BAHASA INDONESIA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW PADA SISWAKELAS VIIIU SMP NEGERI 1 LUBUK PAKAM

Main Author: ., Rustini
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: universitas negeri medan , 2016
Online Access: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/handayani/article/view/2862
https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/handayani/article/view/2862/7416
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa kelas VIIIUnggulan pada bidang studi Bahasa Indonesia. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIUnggulan SMP Negeri 1 Lubuk Pakam dengan jumlah siswa sebanyak 35 orang.Terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa dengan diterapkannya model pembelajarana Jigsaw yang dilihat dari penurunan aktivitas individual membaca/melihat contoh soal oleh siswa. Terjadi peningkatan kemampuan kognitif siswa dengan diterapkannya model pembelajarana Jigsaw yang dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa dari setiap siklusnya. Pada Uji pretes ketuntas klasikal 0% dengan rata-rata nilai 38 meningkat menjadi 45,6% siswa tuntas secara klasikal dan rata-rata nilai 70,3 pada siklus I dan meningkat menjadi 94,2% siswa lulus secara klasikal dengan rata-rata nilai 93,1.Kata Kunci : Jigsaw, Kemampuan Kognitif, Aktivitas Belajar