PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR IPS MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW PADA SISWA KELAS VII-A SMP NEGERI 1 LUBUK PAKAM
Main Author: | Purba, Rumiati |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
universitas negeri medan
, 2016
|
Online Access: |
https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/handayani/article/view/2856 https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/handayani/article/view/2856/7410 |
Daftar Isi:
- Adapun penerapan model pembelajaran inkuiri dilakukan bertujuan supaya dapat meningkatkan keaktifan yang akan mempengaruhi hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas VII-A SMP Negeri 1 Lubuk Pakam semester genap Tahun Ajaran 2014/2015 yang berjumlah 38 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Terjadi peningkatan keaktifan siswa dibuktikan dengan: Data aktivitas siswa pada siklus I antara lain menulis, membaca (36%), mengerjakan LKS (26%), bertanya sesama teman (20%), bertanya kepada guru (9%), dan yang tidak relevan dengan KBM (9%). Data aktivitas siswa pada siklus II antara lain menulis, membaca (36%), mengerjakan LKS (41%), bertanya sesama teman (18 %), bertanya kepada guru (3%), dan yang tidak relevan dengan KBM (3%); 2) Kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal juga mengalami peningkatan dibuktikan pada siklus I hanya 22 siswa mendapat ketuntasan belajar, persentasi kelulusan sebesar 57% dengan rata-rata 69 dan pada siklus II 32 siswa mendapat nilai tuntas, dan 6 orang siswa tidak mendapat nilai tuntas atau ketuntasan sebesar 86 % dengan rata-rata 79.Kata Kunci : IPS Terpadu, Jigsaw, Keaktifan Siswa