PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IV-A SD NEGERI 105275 PAYA GELI
Main Author: | ., Tiominar |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
universitas negeri medan
, 2015
|
Online Access: |
https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/handayani/article/view/2171 https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/handayani/article/view/2171/7383 |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian tindakan ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization pada mata pelajaran IPS di Kelas IV-A SD Negeri 105275 Paya Geli Tahun . Subjek dalam penelitian ini adalah I (satu) kelas yaitu Kelas IV-A SD Negeri 105275 Paya Geli sebanyak 37 siswa. Hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe TAI pada Siklus I mencapai rata-rata 57,3 dengan ketuntasan klasikal 24,3% dan Siklus II mencapai 87,6 dengan ketuntasan klasikal 89,2%. Dengan demikian terjadi peningkatan hasil belajar dan ketuntasan belajar siswa. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Hasil Belajar, Model TAI