PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BRAINSTROMING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V-A SD NEGERI 105275 PAYA GELI
Main Author: | Hutagalung, Ida Mauli |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
universitas negeri medan
, 2015
|
Online Access: |
https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/handayani/article/view/2170 https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/handayani/article/view/2170/7382 |
Daftar Isi:
- Penelitian tindakan kelas ini bertujuan meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Matematika dengan menerapkan model pembelajaran Brainstorming pada siklus I, aktivitas menulis,membaca sebesar 34%, mengerjakan LKS sebesar 27% , bertanya pada teman sebesar 17%, bertanya pada guru sebesar 10%, yang tidak relevan dengan KBM sebesar 14%. Dan pada siklus II, aktivitas menuli,membaca sebesar 22%, mengerjakan LKS sebesar 38%, bertanya pada teman sebesar 25%, bertanya pada guru sebesar 11%, yang tidak relevan dengan KBM sebesar 4%. Data tersebut menunjukan bahwa aktivitas belajar siswa meningkat dari siklus I menjadi lebih aktif pada siklus II. Kata kunci: Brainstroming, aktivitas belajar, matematika